Pemkab Kolaka Dukung Kebijakan Satu Peta – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Pemkab Kolaka Dukung Kebijakan Satu Peta

ARMIN ARSYAD/BERITA KOTA KENDARI
Asisiten II Setda Kolaka M Kasim Madaria, didampingi Harmin Ramba dan Sekdis Bappeda Kolaka Hasbir, pada acara lokakarya pelaksanaan kebijakan satu pintu, di Aula Bappeda Kolaka, Kamis (18/5).

KOLAKA, BKK- Pemerintah Kabupaten Kolaka mendukung kebijakan satu peta, yang diprogramkan Millennium Challenge Account (MCA) Indonesia, melalui program Pemetaan dan Perencanaan Partisifatif 3 (PMaP3).

Bupati Kolaka H Ahmad Safei diwakili Asisten II Setda Kolaka H M Kasim Madaria saat membuka lokakarya pelaksanaan kebijakan satu pintu dan penutupan Program PMaP3 di Aula Bappeda Kolaka, Kamis (18/5) mengungkapkan, dukungan diberikan karena program ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Amerika Serikat, melalui dana hibah.

Selain itu, dukungan tersebut juga karena untuk Indonesia, program ini hanya ada pada empat provinsi dan 11 kabupaten, Kolaka salah satunya. “Kita patut bersyukur Kolaka terpilih sebagai salah satu pioner dalam kegiatan ini,” katanya.

Diakuinya, Kolaka sudah memiliki Rencana Tata Ruang dan Wilayah. Namun karena Kolaka Timur mekar, maka harus dilakukan penyesuaian.

Adiawan dari MCA Indonesia mengungkapkan, program PMaP3 telah berjalan selama satu tahun di Kolaka. Menurutnya, masyarakat Kolaka cukup antusias dalam menyukseskan program ini.

Kepala Bappeda Sultra diwakili Dr H Harmin menyampaikan bahwa kebijakan satu peta merupakan amanat Undang-Undang nomor 4 tahun 2011, tentang Informasi Geospasial (IG) yang bertujuan mewujudkan penyelenggaraan IG yang berdaya guna dan berhasil guna melalui kerjasama, koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan mendorong penggunaan IG.

“Dengan satu peta, tidak ada lagi peta kehutanan, peta pekerjaan umum dan instansi lain yang terpisah-pisah,” katanya.

Harmin mengungkapkan, kebijakan satu peta merupakan arahan strategis dalam terpenuhinya satu peta yang mengacu pada satu referensi geospasial, satu standar, satu basis data, dan satu geoportal pada tingkat ketelitian peta skala 1:50.000. (r3/aha)

To Top