Headline

Hati-hati! Poros Kendari – Bombana Longsor

Kondisi jalan poros Bombana-Kendari yang mengalami longsor setelah hujan mengguyur kabupaten Bombana, Kamis (18/5).

RUMBIA, BKK – Akibat curah hujan yang sejak sepekan ini mengguyur wilayah Sultra sejumlah daerah dilanda banjir dan tanah longsor. Satu diantaranya adalah Kabupaten Bombana.

Dampak akibat hujan di daerah penghasil emas menyebabkan jalan poros Kendari – Bombana mengalami longsor tepatnya di kawasan Tompo Batu Kelurahan Lameroro Kecamatan Rumbia.

Pantauan Berita Kota Kendari (BKK) bencana longsor ini terjadi pada, Kamis (18/5) sekitar pukul 14.30 Wita.

Jalan utama yang menghubungkan Bombana dengan sejumlah daerah lain ini mengalami retak pada bagian badan jalan. Disamping itu sisi badan jalan runtuh hingga kedalaman belasan meter.

Menurut warga setempat bencana ini pertama kali dilihat oleh, Joker (70) warga desa Lantowua kecamatan Rarowatu Utara sekitar pukul 14.30 Wita.

“Kira-kira jalan ini baru sekitar stengah jam longsor baru lewat pak Yoker tadi,  karena saat saya lewat sekitar jam 2 tadi belum apa-apa.  Pokoknya belum ada tetaknya ini jalan,” kata, Sudi (40) warga setempat.

Menurutnya, akibat bencana ini alur lalulintas yang melewati jalan ini terganggu. Kondisi ini terjadi karena hampir setengah badan jalan yang diaspal sudah retak.

“Menurut perkiraan saya, ada sekitar tujuh hingga delapan meter badan jalan yang sudah retak akibat longsor ini. Jika tidak segera ditangani, maka akan membahayakan keselamatan pengendara yang melintasi jalan ini,” ungkap, Sudi.

Di tempat yang sama, salah seorang anggota Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Bombana,  Bripka Sumarno mengatakan, untuk mengantisipasi terjadinya kecelajaan akibat bencana ini,  Polres Bombana telah melakukan langkah penanganan.

Langkah tersebut adalah, memasang tanda peringatan serta mengatur jalur kendaraan dengan memberlakukan jalur satu arah yakni menghindari badan jalan yang retak.

“Sebelum dilakukan perbaikan pada badan jalan, semua kendaraan yang melintasi jalan ini hanya menggunakan satu jalur saja. Jadi jalur kiri dari arah Kendari untuk sementara ditutup dulu sebab sangat mengancam keselamatan pengendara,” ungkap Sumarno. (r2/lex)

To Top