Aktualita

Bupati Konut Serahkan Bantuankepada Korban Banjir

Bupati Konut Ruksamin didampingi Wakil Bupati Raup menyerahkan bantuan berupa beras kepada warga korban banjir. (Foto: IST)

WANGGUDU, BKK – Bupati Konawe Utara (Konut), Dr Ir Ruksamin MSi menyerahkan bantuan kepada warganya yang menjadi korban banjir yang terjadi selama sepekan terakhir, Kamis (18/5).

Bupati menyerahkan bantuan secara simbolis kepada korban banjir dari tiga kecamatan  yakni Lembo, Sawa , dan Motui.

Dalam menyerahkan bantuan berupa bahan pakok seperti beras, ikut didampingi Wakil Bupati Raup dan sejumlah pejabat lingkup Pemkab Konut.

Ruksamin kepada jurnalis BKK melalui watshap menjelaskan, rencananya penyaluran bantuan kepada seluruh daerah yang terkena banjir. Hanya saja jalur distribusi dari Bulog di Kendari menuju lokasi masih terganggu akibat genangan di beberapa titik.

“Di beberapa titik terganggu khususnya ada jalan yang sementara perbaikan, dan pasukan agak terbatas. Tapi insha Allah besok (hari ini) teratasi semua,” kata Ruksamin.

Untuk diketahui akibat tingginya curah hujan yang tinggi melanda wilayah Sultra selama sepekan terakhir menyebabkan sejumlah kecamatan di Konut mengalami banjir.

Data BPBD Konut menyebutkan bencana banjir dan longsor terjadi di beberapa kecamatan diantaranya, Lembo, Sawa, Motui, Andowia, Lasolo, Asera dan Langgikima.

“Dari semua kecamatan yang ada di Konut, hanya Lasolo Kepulauan yang aman dari ancaman banjir. Karena mereka berada di wilayah pesisir,” ujar Kepala BPBD Konut, Raga L.

Seluruh kecamatan di Konut masuk kategori rawan banjir dan lonsor yakni  Motui, Sawa, Lembo, Wawolesea, Lasolo, Molawe, Andowia, Asera, Oheo, Landawe, Wiwirano dan Langgikima.

Penyebab titik rawan banjir disebabkan karena wilayah tersebut memiliki sungai yang menjadi penyebab meluapnya air hingga ke pemukiman padat penduduk.

“Titik banjir dan longsor terbanyak berada di wilayah Kecamatan Andowia dan Asera. Itu penyebabnya terdapatnya sungai Lasolo dan beberapa sungai kecil pada dua wilayah tersebut,” jelas Raga L.

Banjir juga merendam pertanian warga dan  jalan raya di sepanjang poros Kecamatan Wanggudu-Andowia yang membuat akses transportasi sempat ternggangu.

Walaupun tak ada korban jiwa namun bencana banjir telah menganggu aktivitas warga bahkan sebagian warga harus mengungsi ke posko yang dibangun BPBD.

BPBD Konut telah menempatkan tiga posko pengaduan bencana, yakni posko Lasolo-Motui, Andowia-Asera dan di Landawe-Langgikima. (p13/lex)