Kasuistika

Satu Rumah Warga Koltim Ludes Dilahap Sijago Merah

Rumah milik warga Desa Pamburea Kecamatan Lambandia Koltim, Nafi yang hangus terbakar sijago merah, Rabu (17/5). Foto: Rahim/BKK

TIRAWUTA, BKK – Nasib na’as  menimpa warga Desa Pemburea Kecamatan Lambandia, Nafi (55), Rabu (17/5). Rumahnya hangus dilalap sijago merah.

Kejadiannya sekitar pukul 08.30 Wita. Dugaan sementara, titik api berasal dari dapur. Namun belum diketahui secara pasti penyebabnya apakah apakah berasal dari tabung gas atau lainnya. Karena pada saat kebakaran berlangsung, tidak ada penghuninya.

Menurut saksi, penghuninya tengah menjenguk saudaranya yang masuk Puskesmas karena melahirkan dari hari sebelumnya.

Kebakaran berlangsung tidak cukup lama, sebab, rumah terbuat dari kayu, sehingga hanya dalam waktu sekitar setengah jam, rumah tersebut sudah rata dengan tanah akibat ganasnya sijago merah.

Akibat musibah tersebut, diperkirakan mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah. Sekdes Pamburea Suteknon membenarkan kejadian tersebut. Mengingat, saat kebakaran berlangsung ada di lokasi.

Ia juga mengatakan, pasca kejadian berlangsung, Dinas Sosial dan Kebakan langsung mendatangi lokasi dengan cepat.

Sementara itu, Camat Lambandia Supriadi menuturkan, andaikan warga tidak cepat datang di lokasi kebakaran, bisa jadi kebakaran bukan hanya terdapat satu rumah. Melainkan lebih, mengingat, jarak antar rumah yang terbakar dengan yang lainnya hanya beberapa meter saja.

“Alhamdulilah, akibat kerja sama masyarakat setempat memadamkan api dengan alat yang seadanya, semua bisa diatasi,” katanya.

Camat Lambandia telah memberikan beberapa bantun, sambil menunggu uluran tangan dari para dermawan serta Pemerintah Kabupaten Koltim. (cr8/lex)

To Top