Ribuan Warga Mubar Siap Berlayar ke Kendari – Berita Kota Kendari
Headline

Ribuan Warga Mubar Siap Berlayar ke Kendari

Warga pendukung Rahmatnya saat menghadiri kampanye dalam pilkada yang lalu. Insert juru bicara Rahmatnya, La Ode Rahmat

Warga Kabupaten Muna Barat (Mubar) tak melewatkan moment bersejarah untuk menyaksikan pelantikan bupati defenitif pertama daerah mereka, Senin (22/5) mendatang. Sehingga warga Mubar yang berada di daerah pesisir berencana akan berangkat ke Kendari dengan menggunakan kapal.

Kabupaten Mubar adalah salah satu kabupaten yang memiliki banyak pulau dan dihuni para nelayan. Mereka tak mau ketinggalan untuk menyaksikan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih LM Rajiun Tumada – Achmad Lamani (Rahmatnya).

Rencananya warga Mubar yang mayoritas nelayan ini akan berangkat ke Kendari bukan menggunakan kapal angkutan umum seperti MV Labomba atau sejenisnya, tapi mereka akan membawa kapal mereka sendiri.

Juru bicara pasangan Rahmatnya, La Ode Rahmat Apiti kepada BKK menjelaskan, keinginan mereka untuk berangkat dengan menggunakan kapal sendiri sebagai bentuk kecintaan dan kebanggan mereka kepada Rahmatnya.

Sehingga, katanya, saat sejumlah warga tengah  menyiapkan ratusan kapal layar yang akan mengangkut warga Muna Barat untuk datang menyaksikan proses pelantikan Rajiun Tumada-Ahmad Lamani.

“Saat ini, tim pemenangan bersama sejumlah warga tengah mempersiapkan kapal-kapal layar yang akan digunakan untuk mengangkut warga Muna Barat. Sudah ada sebagian yang selesai dan siap digunakan.

Sebagian masih dalam tahap perbaikan, tetapi kondisi kapal semuanya bisa digunakan,” kata La Ode Rahmat kepada BKK, Senin (15/5) malam.

Menurut Rahmat, rencananya kapal-kapal tersebut akan dihiasi dengan berbagai ikon yang mencirikan Muna Barat, seperti adat istiadat, budaya daerah, dan potensi alamnya.

“Agar seluruh pelosok tanah air di Indonesia ini mengetahui daerah kami. Kemudian memberikan pesan kepada publik bahwa Rajiun Tumada adalah bupati yang dicintai rakyatnya,” katanya.

Namun rencana kegiatan ternyata membuat tim pemenangan sedikit pusing, karena memikirkan lokasi berlabuhnya kapal-kapal warga Mubar tersebut. Sehingga Rahmat sedang berusaha melakukan koordinasi dengan pihak Syahbandar Kendari, TNI Angkatan Laut dan Direktorat Polisi Perairan Polda Sultra.

“Masih sementara dikomunikasikan, soal masuknya kapal di Kendari tidak ada masalah, hanya saja lokasinya untuk sandaran kapal itu yang sementara dipikirkan,” ujarnya.

Dia berharap ada solusi sehingga kegiatan yang direncanakan warga Mubar bisa lancar terlaksana.
Seperti diketahui, pasangan Rahmatnya adalah paslon yang meraih kemenangan tertinggi dalam pilkada 2017 lalu untuk wilayah Sultra.

Selama masa kampanye pasangan Rahmatnya juga selalu dieluk-elukan warga karena mereka dianggap telah berhasil membangun Mubar saat menjadi Pj bupati. Rajiun banyak membangun jalan, sehingga mengubah Mubar dari daerah terisolir menjadi daerah dengan kondisi akses jalan yang sangat baik.

Selain Rajiun Tumada-Ahmad Lamani, disaat yang sama Gubernur Sultra juga akan melantik Agus Feisal-La Ode Arusani (Bupati dan Wabup Busel terpilih), serta Samahudin – La Ntau (Bupati dan Wabup Buteng terpilih).

Rencananya pelantikan LM Rajiun – Acmad Lamani akan bersamaan dengan pelantikan bupati dan wakil bupati Buteng Samahudin – La Ntau, bupati dan wakil bupati Busel, Agus Feisal  Hidayat – H La Ode Arusani.

Saat ini LM Rajiun sedang berada di Jakarta untuk menjemput SK di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). (lex)

To Top