Kendala Terbesar Koperasi dan UMKM di Konsel adalah SDM – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Kendala Terbesar Koperasi dan UMKM di Konsel adalah SDM

MARWAN/BERITA KOTA KENDARI
ARSALIM Arifin, Wakil Bupati Konsel saat membuka kegiatan pelatihan manajemen kewirausahawan di Hotel Zenith, Kendari, Selasa (16/5).

KENDARI, BKK- Wakil Bupati Konawe Selatan, Arsalim Arifin mengakui pengembangan koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Konawe Selatan masih terkendala dengan permodalan, pasar, produksi dan penguasaan teknologi. Namun dari semua kendala tersebut, Sumber Daya Manusia masih menjadi tantangan terberat.

Hal itu diungkapkan Arsalim Arifin saat membuka kegiatan pelatihan manajemen kewirausahaan yang dilaksanakan di Hotel Zenith, Kendari, Selasa (16/5). Karena itu, Pemerintah Kabupaten Konsel terus berupaya untuk membantu pelaku koperasi maupun UMKM dalam mengatasi tantangan-tantangan tersebut. Salah satunya melalui kegiatan pelatihan yang menekankan penguatan SDM pengelola usaha.

“Kemampuan kewirausahaan perlu difasilitasi melalui pelatihan-pelatihan pengembangan kapabilitas yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan kemampuan bisnis individual dalam memanfaatkan peluang usaha yang ada,” kata Arsalim.

Dia menambahkan, ada sekitar 300 koperasi dan UMKM yang tersebar di seluruh Konsel. Jika seluruh unit usaha ini bisa berjalan dengan baik, maka pengaruhnya akan sangat besar dalam peningkatan ekonomi di seluruh kecamatan.

Karena itu, dia berharap para peserta benar-benar menyimak dengan baik seluruh materi yang diberikan dalam pelatihan ini supaya nantinya bisa diaplikasikan dengan baik pula. (cr13/aha)

To Top