Bisnis & Ekonomi

Kementerian ESDM Survei Potensi Tambang Butur

DOK HUMAS
BAHAS MINYAK DAN ASPAL. Pertemuan antara Pemkab Butur dan tim survei dari Kementerian ESDM, membahas hasil survei potensi minyak dan aspal yang terkandung di Kulisusu dan Kambowa, di Kantor Bupati Butur, Selasa (16/5).

BURANGA, BKK- Buton Utara diketahui menyimpan potensi tambang terutama minyak dan aspal. Potensi ini pun terpantau oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Asisten II Pemkab Butur, Zunaeni pun membenarkan bahwa tim dari Kementerian ESDM baru saja selesai melakukan survei di Butur. “Baru selesai tadi. Mereka sudah survei sejak Senin, jadi dua hari,” kata Zunaeni yang dihubungi Selasa (16/5).

Sebelumnya, jelas Zunaeni, Bupati Butur Abu Hasan memang meminta bantuan Kementerian ESDM untuk melakukan survei kadar maupun kualitas minyak maupun aspal yang terkandung di Butur. Permintaan bupati ini pun direspons oleh kementerian dengan mengirimkan tenaga ahli.

“Kedatangan tim tersebut atas permintaan langsung dari Bupati. Jumlah tim ada 13 orang,” katanya.

Adapun titik yang disurvei berada di Desa Epe, Kecamatan Kulisusu dan Desa Bubu, Kecamatan Kambowa. Hasil awal survei menunjukkan di dua desa ini memang kaya dengan potensi aspalnya. Bahkan, deposit aspal sudah terlihat di permukaan hanya dengan mata kepala.

“Kandungannya yang masih belum dipastikan karena untuk itu membutuhkan analisa dengan teknologi khusus. Tapi bagi Pemkab, itu sudah merupakan kabar bagus. Apalagi survei ini bisa semakin melengkapi data potensi tambang kita. Karena memang Pemkab belum punya datanya secara lengkap,” ujarnya.

Di Butur sendiri, lanjut Zunaeni, sudah ada 11 perusahaan yang mengajukan izin penelitian tentang potensi akan tambang seperti aspal dan minyak. Pemkab pun sudah menyetujui izin mereka, namun laporan hasil penelitian itu, belum diserahkan kepada Pemkab.

Tim ini pun akan kembali ke Jakarta dan melaporkan hasil surveinya langsung kepada Menteri ESDM, Ignasius Jonan. (cr10/aha)

To Top