Kantor BPMD Kolut, Diduga Dibakar Orang Tak Dikenal – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Kantor BPMD Kolut, Diduga Dibakar Orang Tak Dikenal


LASUSUA, BKK –Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Kolaka, Senin malam (15/5) pukul 21.58 Wita dilahap sijago merah. Kantor yang berada kawasan perkantoran dan berlantai dua ini diduga sengaja dibakar orang tidak dikenal. Pasalnya di kantor tersebut juga berkantor Dinas Pertanian dan Perkebunan serta Dinas Pemberdayaan Perempuan namun hanya tiga rungan milik BPMD yang hangus terbakar.

Banyaknya kertas dan ATK didalam rungan membuat api baru bisa dipadamkan setelah mengerhkan 3 unit mobil damkar.

Kasad Reskrim Polres Kolut, Iptu. Indah Puspasari yang ditemui saat melakukan olah kejadian perkara mengungkapkan sampai saat ini dugaan penyebab pasti terbakarnya rungan BPMD belum bisa dipastikan.

“Saat ini penyidik masih melakukan indentifikasi dan mengamankan TKP, untuk sementara ini tidak dibolehkan ada orang yang masuk ke TKP. Untuk seemntara ini kita masih melakukan penyelidikan langsung dan dilakukan pengembangan,” ungkap Kasad.

Menurut Kasad, Krologis kejadian sekitar  pukul 21.58 Wita titik api pernama kali muncul dibagian belakang kantor atau rungan belakan dan dilihat anggota Pol PP yang berjaga. Namun api yang tadinya diperkirakan hanya melahap satu rungan ternyata juga melahap rungan bagian depan.

Kasad menambahkan Untuk menentukan penyebab pasti kebakaran, penyidik masih terus melakukan olah TKP dan melakukan kordinasi dengan penyidik dari Laboratorium Forensik Makasaar.

“kita masih melakukan kordinasi dengan penyidik dari laboratorium forensik untuk memastikan penyebab pasti kebakaran tersebut. Untuk kota suara hasil Pilkades 2017 dalam keadaan utuh dan aman,” ujarnya.

Kepala BPMD Kolut, Taufik mengatakan sedikitnya ada sekitar 10 buat unit komputer yang berisi data dan fail-fail penting yang ikut terbakar yakni ruangan sekertariat, ruangan Pemdes dan rungan pemberdayaan masyarakat desa.

“Semua dokumen terbakar habis, termasuk hasil-hasil Pilkades yang digelar beberapa waktu lalu,” katanya.

Untuk saat ini lanjut dia, pegawai BPMD akan tetap melakukan aktifias pelayaan meskipun akan menempati kantor atau rungan baru.

“Semua proses pelayaan akan tetap berjalan. Untuk penyebab kebakaran semua kami serahkan pada pihak kepolisian,” tuturnya (cr11/).

To Top