Suksesi

Jadwal Resmi Pelantikan Kepala Daerah Belum Diterima Pemkab Busel

Calon Bupati dan Wakil Bupati Busel terpilih Agus Feisal Hidayat-H La Ode Arusani

BATAUGA, BKK – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menetapkan jadwal pelantikan enam pasangan kepala daerah terpilih hasil Pilkada serentak 2017. Rencananya,  pelantikan akan digelar 22 Mei mendatang.

Salah satu kepala daerah  yang akan dilantik nanti adalah Bupati dan Wakil Bupati Buton Selatan (Busel) terpilih,  Agus Feisal Hidayat dan H La Ode Arusani (Agusani). Namun, perihal rencana pelantikan tersebut belum dikomunikasikan Pemprov Sultra ke pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat.

Pelaksana tugas (Plt) Sekda Busel, Konstantinus Bukide mengaku, hingga kina pihaknya belum mendapat pemberitahuan resmi dari Pemprov Sultra. Sehingga, ia sendiri belum dapat memastikan jadwal pelantikan tersebut.

“Informasi yang beredar kan tanggal yang 22 Mei ini, hanya saja itu belum pasti. Makanya, saya perintahkan kabag pemerintahan untuk segera komunikasi di Provinsi Sultra,” ungkap Kontantinus.

Kendati semikian, pihak Pemkab Busel telah melakukan langkah-langkah persiapan untuk pelantikan tersebut.

“Jadi memang sejak jauh hari kami sudah siapkan semuanya, kita tinggal menunggu kepastian (jadwal) saja,” tambahnya.

Ia menambahkan, sesuai informasi yang beredar, pelantikan akan dilakukan di Kota Kendari. Sehingga, mengenai persiapan tempat menurutnya adalah kewenangan Biro Pemerintahan Pemprov Sultra.

“Untuk tempatnya kami belum ketahui. Hingga siang ini (kemarin, red) belum ada melapor bagaimana hasil komunikasinya di sana (Pemprov Sultra, red), karena semua pengurusan diatur dari sana nanti, termasuk dana,” pungkasnya.

Untuk diketahui, ada tujuh daerah di Sultra yang melaksanakan pilkada baru-baru ini. Namun, nantinya hanya enam kepala daerah terpilih yang akan dilantik, sebab salah satu daerah pilkada yakni Kabupaten Bombana masih harus melaksanakan pemungutan suara ulang.

Adapun pasangan kepala daerah terpilih yang akan dilantik tersebut yakni Bupati dan Wakil Bupati Busel (Agus Feisal Hidayat-H La Ode Arusani) , Buton Tengah (Samahuddin-La Ntau), Buton (Umar Samiun-La Bakri), Kolaka Utara (Nur Rahman-Abbas), Muna Barat (LM Rajiun-Achmad Lamani), serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari (Adriatma Dwi Putra-Sulkarnain). (p14/nur)

To Top