1.723 Maba Ikuti SBMPTN di USN Kolaka – Berita Kota Kendari
Pendidikan

1.723 Maba Ikuti SBMPTN di USN Kolaka

Rektor USN Kolaka Azhari didampingi WR II Syahrir Sahaka memantau pelaksanaan SBMPTN yang dilaksanakan di kampus USN Kolaka. (Foto: Armin/BKK)

KOLAKA,BKK- Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menggelar tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), selasa (16/5). Tes ini diikuti 1.723 calon mahasiswa baru (Maba).

“Ada 1.723 orang yang mendaftar melalui USN. Sebelumnya ada 380 sudah mengikuti melalui SNMPTN,” kata Rektor USN Kolaka, Azhari ditemui di sela-sela peninjauan pelaksanaan SBMPTN.

Menurut Azhari, pelaksanaan SBMPTN ini dilakukan secara tertulis atau PBT (Paper Based Test) dan melalui sistem CBT (Computer Basic Tes). Calon mahasiswa sendiri yang menentukan jenis tes yang akan dilalui yang dipilih saat  melakukan proses pendaftaran.

Di USN sendiri, 59 calon mahsiswa memilik CBT dan selebihnya PBT.

“USN mendapat kuota 80 untuk sistem CBT dari 30.000 kuota CBT seluruh Indonesia. Hari ini mereka ujian ada di beberapa ruangan di USN dan ada di luar, seperti di SMKN dan MAN. Pelaksanaannya dituntaskan hari ini,” katanya.

Diungkapkannya, tahun ini USN menyiapkan 1.500 kuota untuk mahasiswa baru, sehingga separuh pendaftar SBMPTN bisa lulus di USN Kolaka. Sisanya digenapkan melalui jalur mandiri.

Diakui Azhari, di 2017 ini pendaftar di USN meningkat secara signifikan. Sebelumnya, pendaftar hanya berasal dari 9 provinsi, saat ini tercatat 23 provinsi.

“Sebelumnya memang kita kurang peminat. Namun seiring dengan perjalan waktu dan sosialisasi, USN sudah dikenal. Makanya tahun ini kita cukup banyak peminat,” ungkapnya.

Ditambahkannya, program studi yang menjadi favorit dan paling banyak diminati di USN Kolaka adalah Sistem Informatika, Fakulatas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Teknik Tambang. (r3/nur)

To Top