Program Doktor Ilmu Pertanian UHO Terakreditasi A – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Program Doktor Ilmu Pertanian UHO Terakreditasi A

Ketua Prodi Doktor Ilmu Pertanian Program Pascasarjana UHO, Prof Dr Ir Gusti Ayu K Sutariati MSi (FOTO SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK- Program Studi (Prodi) S3 Ilmu Pertanian  Pasca Sarjana Universitas Halu Oleo (UHO) terlah berhasil mencapai akreditasi A. Padahal, program doktor ini tercatan baru lima tahun terbentuk.

Pencapaian akreditasi A tersebut, berdasarkan surat keputusan (SK) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor: 3057/SK/BAN-PT/Akred/D/XII/2016.

Menurut Ketua Prodi S3 Ilmu Pertanian Pascasarjana UHO, Prof Dr Ir Gusti Ayu K Sutariati MSi mengatakan, pencapaian akreditasi itu berkat kerja sama tim yang ikut terlibat di prodi tersebut.

“Semua pihak yang terlibat mulai dari tim penyusun borang, direktur pasca, staf, serta Rektor UHO yang pada saat itu masih dijabat Prof Usman Rianse,” ucap Gusti, Senin (15/5).

Dikatakannya, pencapainan akreditasi A program doktor tersebut barulah pertama kali di Sultra. Sehingga, menurut Gusti hal ini  luar biasa dan tentu membanggakan pihak UHO.

“Kami hanya melakukan reakreditasi sebanyak dua kali yaitu dari akreditasi C dan langsung mendapatkan akreditasi A,” bebernya.

Ia menjelaskan, untuk memperoleh akreditas A, Prodi Doktor Ilmu Pertanian UHO harus memenuhi tujuh standar yang telah ditetapkan BAN-PT yang secara keseluruhan sudah terpenuhi.

“Standar yang pertama, bagaimana visi misi, tujuan dan sasaran serta strategi pencapaian. Kedua bagaimana tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu Ketiga mahasiswa dan lulusan. Keempat SDM. Kelima kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik. Keenam pembiayaan, sarana prasarana serta sistem informasi dan kriteria terakhir penelitian, pelayanan atau pengabdian kepada masyarakat dan kerja sama,” terangnya.

Semenjak dibuka 2011 lalu, lanjutnya, prodi ini memiliki delapan konsentrasi yang terdiri  agronomi, agribisnis, pengembangan masyarakat, komunikasi dan peyuluhan pembangunan, pengolahan sumberdaya pesisir dan kelautan, managemen hutan, ilmu ternak, serta konsentrasi pertanian dan sumber daya.

Saat ini, Prodi S3 Ilmu Pertanian UHO ini memiliki 31 tenaga pengajar, 19 diantaranya  profesor, 12 doktor yang tentu mempunyai kompetensi dan telah menghasilkan 21 alumni.

“Kami berharap dengan capaian akreditasi A, akan lebih banyak lagi teman-teman dari manapun datang mendaftar serta melanjutkan studi pada Prodi Doktor Ilmu Pertanian UHO. Tidak usah pergi ke Bogor atau ke Jogja karena saya bisa menjamin proses pembelajaran yang kami laksanakan disini, tidak kalah kualitasnya dengan perguruan tinggi yang ada di luar Sultra,” tandasnya. (p12/nur)

To Top