Pendidikan

MAN 1 Kolaka Juara di Universitas Brawijaya Malang

Siswa MAN 1 Kolaka keluar sebagai juara III yang dilaksanakan Universitas Brawijaya Malang.

KOLAKA,BKK- Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kolaka kembali membuktikan keunggulannya di tingkat nasional, dengan meraih juara pada lomba yang dilaksanakan Universitas Brawijaya Malang.

Dalam lomba karya tulis ilmiah innovation of animal science competition IV tahun 2017, yang dilaksanakan 12 hingga 14 mei 2017 di Universitas Brawijaya, siswa MAN 1 Kolaka berhasil meraih juara III.

“Dalam lomba itu, tiga siswa saya mengambil karya ilmiah berjudul Misuka (mie susu kambing) sehat dari ternak Kabupaten Kolaka,” kata Kepala MAN 1 Kolaka Ansani, Senin (15/5).

Ketiga siswa MAN 1 Kolaka yang berhasilkan menorehkan prestasi itu masing-masing Alimatur Rahimul Mujahid, Alika Ristama Nigandiva dan Anniken Rahmah Dewi.

Ketiganya mengangkat karya ilmiah misuka, sebab dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa susu kambing yang selama ini kurang diminati masyarakat karena aromanya yang kurang sedap. Setelah dilakukan penelitian, kiranya dapat dijadikan solusi bagi masyarakat untuk mengkonsumsi susu kambing yang dikemas dalam bentuk mie instan, tanpa mengurangi kandungan protein dalam susu kambing itu sendiri.

“Prestasi yang dicapai siswa MAN 1 Kolaka di tingkat Nasional, merupakan salah satu wujud hasil kerja sama yang baik dari semua komponen yang ada di MAN 1 Kolaka. Diharapkan agar kegiatan seperti ini terus ditingkatkan. Alhamdulillah MAN 1 Kolaka saat ini sudah diperhitungkan di tingkat nasional,” kata Ansani.

Ditambahkannya, baik kepala sekolah, guru dan staf MAN 1 Kolaka selalu merespon setiap keinginan siswa untuk mengikuti lomba atau kegiatan baik tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional.

Sementara guru pembimbing Satiadji Bende mengatakan, siswa MAN 1 Kolaka antusias mengikuti semua kegiatan ekstrakurikuler, sebagai wadah pengembangan potensi dan bakat siswa, sehingga apa yang mereka lakukan terbukti hingga tingkat nasional. (r3/nur)

To Top