Pendidikan

FK UHO Siapkan Pelayanan Medis untuk Korban Banjir Sungai Wanggu

Koordinator Lapangan bencana banjir sungai wanggu

KENDARI, BKK- Tim Bantuan Medis (TBM) Ischiadicus Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Halu Oleo (UHO) ikut turun memberikan bantuan medis kepada korban kebanjiran Sungai Wanggu, Kelurahan Lepo-lepo, Kecamatan Lepo-lepo, Kota Kendari.

Ditemui di poskonya, Andi Uznul selaku koordinator lapangan mengatakan, turun langsung ke lapangan untuk memberikan bantuan medis sudah sering dilakukan TBM UHO. Terlebih saat bencana banjir seperti ini, masyarakat yang menjadi korban tentu memerlukan bantuan kesehatan.

“Kali ini, TBM UHO menurunkan relawan yang notabene sebagai mahasiswa kedokteran ke lokasi bencana banjir. Anggota yang diturunkan kurang lebih sepuluh orang dan relawan tersebut bisa bertambah tergantung kondisi banjir yang sewaktu-waktu bisa berubah,” terang Andi, Sabtu  (14/5).

Bantuan medis yang diberikan kepada korban banjir tersebut, lanjutnya, yakni berupa logistik obat-obatan yang diperuntukan untuk penanganan awal seperti obat sakit perut, gatal-gatal, luka-luka yang sering dialami oleh korban banjir.

Ia mengungkapkan, sejak berdirinya posko TBM Ischiadicus FK UHO, Jumat (13/5), pihaknya sudah menerima sepuluh korban bencana banjir yang mengeluhkan gangguan kesehatannya. Rata-rata korban mengeluhkan gatal-gatal.

“Banyaknya masyarakat yang beraktifitas di air luapan Sungai Wanggu untuk menyelamatkan barang-barang yang terendam banjir ini, sehingga mereka sangat rentan sekali mengalami gangguan-gangguan kesehatan,” ujarnya.

Uznul menambahkan, di setiap bencana banjir TBM Ischiadicus FK UHO memang selalu  melakukan tindakan cepat untuk penanganan pertama korban bencana banjir. Ini dilakukan agar penyakit yang dialami warga yang menjadi korban tidak semakin parah.

“Kami berharap, bagi warga atau korban yang mengalami keluhan kesehatan agar segera melakukan pemeriksaan yang telah disediakan dan TBM FK selalu siap untuk melakukan penanganan awal terhadap korban banjir. Apabila terjadi komplikasi penyakit yang berat akan kami rujuk ke rumah sakit terdekat,” pungkasnya. (p12/nur)

To Top