Beranda

5 Besar Penyakit Mematikan di Dunia Salah Satunya Ditemukan pada 13 Orang Warga Kota Kendari

KENDARI, BKK – Penyakit tuberculosis (TB) masih menjadi pembunuh yang menakutkan di dunia. Masuk dalam lima penyakit yang menduduki peringkat teratas penyebab kematian.

Kordinator Program TB-HIV Care Aisyiyah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Hasmira Sait mengungkapkan, di Kota Kendari pihaknya menemukan 13 orang menderita penyakit TB.

Mereka tersebar di beberapa kecamatan, yaitu Kecamatan Poasia, Baruga, Abeli, dan Kendari Barat.

Menurut Hasmira, Sabtu (13/5), perlu usaha bersama untuk mengatasi penyakit menular ini.

Gejala penyakit TB sebagai berikut, bila selama dua pekan batuk terus menerus, berat badan menurun, demam berkepanjangan, sesak nafas dan nyeri dada, nafsu makan menurun, kemungkinan besar itu TB.

”Penderita TB itu ada dua macam yaitu TB MDR dan TB biasa. TB MDR itu pengobatannya sangat panjang, yaitu 2 tahun, beda dengan TB biasa hanya enam bulan pengobatannya. TB MDR itu disuntik selama delapan bulan dan kemudian berobat selama 2 tahun. Jadi, mereka butuh dukungan dari keluarga maupun dari tim medis” jelasnya.

Mengenai 13 orang penderita TB di Kota Kendari, Hasmira menegaskan, kesehatan mereka dipantau.

”Jadi mereka penderita TB MDR akan didampingi oleh pendamping Aisyisah sebanyak delapan orang itu, tersebar di beberapa puskesmas, yaitu 4 orang di Puskesmas Poasia, 1 orang di Lepolepo, 1 orang di

Abeli, 1 orang di Kemaraya 1 orang di Kecamatan Kandai,” paparnya.

“Mereka akan menyiapkan obat dan memberitaukan waktu minum obat, dan pemeriksaan dahak setiap bulan dilakukan di Rumah Sakit Bahteramas,” sambungnya.

Ia menegaskan, pihaknya akan melakukan semaksimal mungkin pelayanan medis bagi penderita TB MDR tersebut. (p13/iis)