Potongan Dana BSM Tak Dikembalikan – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Potongan Dana BSM Tak Dikembalikan

BATAUGA, BKK- Dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) yang dipotong oleh sejumlah kepala sekolah dasar di Kabupaten Buton Selatan (Busel), sampai saat ini belum dikembalikan. Dinas pendidikan dan olahraga (Dikmodora) pun mengaku tidak memiliki dasar kuat untuk mendesak seluruh kepala sekolah mengembalikan pemotongan itu.

Malah, dari hasil pertemuan dinas pendidikan dan para kepala sekolah, BSM yang dipotong dari siswa miskin itu tidak dianggap sebagai pelanggaran. Melainkan pemberian sukarela pihak penerima untuk pihak sekolah.

Dia menjelaskan, beberapa orangtua siswa justru merelakan bantuan pemerintah untuk anak-anak mereka itu dipotong lantaran pengurusan dana BSM ini dianggap berat. Pasalnya, jarak tempat tinggal mereka dengan bank untuk mencairkan dana BSM itu sangat jauh.

“Jadi Ini bukan pemotongan tetapi pemberian sukarela, dan pemberian tersebut sebagai wujud ucapan terima kasih orang tua siswa kepada pihak sekolah yang telah mengurus bantuan BSM tersebut hingga selesai,” ungkap La Safilin saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (9/5).

Ia menambahkan, berdasarkan aturan, pengurusan dana BSM ini harus dilakukan sendiri oleh penerima di bank. Namun jika menghitung ongkos transportasi dan administrasi yang akan dihabiskan oleh orang tua murid untuk mencairkan dana tersebut, akan lebih banyak dibandingkan jika orang tua murid memberi kuasa kepada kepala sekolah untuk membantunya.

“Dalam pengurusannya itu mereka harus bolak-balik Baubau, belum lagi biaya administrasi seperti materai dan sebagainya. Jadi itu pertimbangannya,” tandasnya.

Sekedar diketahui, Berdasarkan pada Petunjuk teknis pelaksanaan program BSM ini sesuai intruksi presiden no 7 tahun 2014, Bagi siswa yang berada di daerah yang sulit untuk mengakses ke lembaga penyalur (tidak ada kantor lembaga penyalur di kecamatan sekolah/tempat tinggal siswa sedangkan biaya transport pengambilan lebih besar dari bantuan yang akan diterima), maka pengambilan dana PIP dapat diambil secara kolektif dengan dikuasakan kepada kepala sekolah dan itu sudah menjadi tanggung jawabnya. (p14/aha)

To Top