KPID: 15 Usaha TV Kabel di Koltim Ilegal – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

KPID: 15 Usaha TV Kabel di Koltim Ilegal

TIRAWUTA, BKK- Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Tenggara melakukan kunjungan mendadak ke sejumlah perusahaan TV kabel di Kabupaten Kolaka Timur. Kunjungan ini dilakukan lantaran sebagian besar perusahaan TV kabel tersebut tidak memiliki izin alias ilegal.

Wakil Ketua KPID Sultra, Hasdiana mengatakan, berdasarkan pengecekan sementara, jumlah usaha TV kabel di Koltim sudah mencapai 20 lebih. “15 diantaranya belum memiliki izin. Sementara delapan pemilik TV kabel yang tergabung dalam satu konsorsium PT Media Edukasi Vision, masih dalam proses izin. Selebihnya sama sekali belum memasukkan proposal studi kelayakan di KPID sebagai syarat awal pengurusan izin,” jelas dia.

Padahal, lanjut Hasdiana, KPID sebelumnya telah mengingatkan dan memberikan tenggang waktu kepada pengusaha yang belum memiliki izin, agar segera mengurus legalitasnya. Sayangnya, sebagian besar tidak melakukannya.

“Kebijakan itu sudah setahun yang lalu kita berikan, agar mereka punya waktu mengurus dokumennya. Karena ini wajib hukumnya. Tapi tidak dilaksanakan,” katanya.

Dari kunjungan ini, KPID kembali memberikan tenggat waktu kepada pengusaha TV kabel yang belum mengantongi izin resmi. Kali ini, mereka diberikan waktu hanya satu bulan.

Kalau tenggat waktu ini sudah lewat dan ternyata masih ada pengusaha yang tidak patuh, KPID akan mengambil langkah tegas. “Akan didiskusikan dengan Balmon (balai monitoring) sekaligus langsung ke lapangan. Kalau masih ilegal, kita punya wewenang untuk melakukan penyitaan terhadap peralatan mereka,” tegasnya. (cr8/aha)

To Top