Hari Pertama Operasi Patuh Puluhan Pengendara di Tiap Daerah Kena Tilang – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Hari Pertama Operasi Patuh Puluhan Pengendara di Tiap Daerah Kena Tilang

FITRI AZHARI/BERITA KOTA KENDARI
POLISI Lalu-lintas bersama petugas Dinas Perhubungan Muna memeriksa kelengkapan kendaraan dan persuratan pengemudi pada hari pertama Operasi Patuh 2017, di Raha, Muna, Selasa (9/5). Setidaknya 25 pengendara kena tilang karena melanggar aturan.

RAHA, BKK- Operasi Patuh 2017 di hari pertama, Selasa (9/5), memakan banyak ‘korban’. Hampir di setiap daerah, jumlah pengendara yang kena tilang mencapai puluhan orang.

Pantauan Berita Kota Kendari di Raha, Muna, petugas mencatat 25 pengendara yang dikenakan sanksi. Kebanyakan melanggar karena tidak punya persuratan atau kendaraan yang tidak memenuhi standar keamanan berlalu-lintas.

Di hadapan polisi, pengendara diberi pilihan blangko merah dan blangko biru. Pelanggar yang mengambil blangko biru berarti mengakui kesalahannya dan harus langsung menebus denda tilangnya di posko yang sudah disiapkan. Sementara yang mengambil blanko merah, akan menjalani sidang yang melibatkan kejaksaan dan pengadilan Raha.

“Mereka kita berikan blangko warna merah untuk hadiri sidang. Lokasinya di Kantor Capil Kabupaten Muna. Nanti nilai pembayarannya sesuai dengan denda tilang elektronik,” tetang Kasat Lantas Polres Muna AKP Alfin.

Di Baubau, sebanyak 33 pengendara ikut terjaring. Para pelanggar itu langsung ditilang di tempat.

Kasat Lantas Polres Baubau, AKP Ade Farfar, mengatakan pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara diantaranya tidak menggunakan helm standar dan tidak memiliki persuratan. Operasi patuh digelar mulai pukul 10.00 WITA di beberapa jalan protokol dalam Kota Baubau. Di hari pertama, belum ditemukan pelanggaran yang melibatkan anak di bawah umur.

Selain itu Ade memberi perhatian khusus untuk pelaku balapan liar. Dia menginstruksikan seluruh anggotanya untuk tegas dalam menindak pelaku balapan liar. Kata Ade, pelaku balapan liar akan diancam denda tilang maksimal Rp 3.000.000.

AKP Ade melanjutkan, selain masyarakat biasa, razia juga rencananya akan menyasar anggota Polres Baubau sendiri. Namun rencana itu akan terlebih dahulu dikoordinasikan dengan Kapolres Baubau, AKBP Suryo Aji SIk dan Propam Polres.

“Kita coba dulu ke internal kita,” kata pria berkacamata itu.

Sementara di Konawe Selatan, Operasi Patuh digelar di siang hari. Sebelumnya, digelar Apel Gelar Pasukan Gabungan Polri/TNI di Polres Konsel. Apel pasukan ini dipimpin Kapolres Konsel, AKBP Yeyen Lesmana S IK, dan dihadiri sejumlah pejabat.

Kasat Lantas Polres Konsel, Iptu Izak SH mengatakan, operasi dilakukan di jalan poros Punggaluku, tepatnya di depan SMPN 2 Konsel. Ada 18 pengendara motor yang kena tilang karena tidak lengkap persuratannya. Bahkan ada yang tidak membawa surat sama sekali. (r1-cr7-cr13/aha)

To Top