Harga Sembako di Kolaka Masih Stabil – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Harga Sembako di Kolaka Masih Stabil

ARMIN/BKK
Hj Asmani Arif

KOLAKA,BKK- Dua pekan menjelang bulan suci Ramadhan, harga sembilan bahan pokok (sembako) di sejumlah pasar di Kabupaten Kolaka masih relatif stabil.

“Berdasarkan laporan hasil identifikasi yang dilakukan staf kami menjelang Ramadhan ini, harga sembako masih stabil. Tapi kita akan terus melakukan pemantauan,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kolaka, Hj Asmani Arif, di ruang kerjanya, Selasa (9/5).

Meski masih stabil, namun pihak Perindag tetap membentuk tim terpadu dengan tugas melakukan operasi pasar. Apalagi dari pengalaman sebelumnya, ada oknum yang seringkali memanfaatkan tingginya pengeluaran masyarakat menjelang Ramadhan dengan menaikkan harga di luar kewajaran.

“Tim kita akan mengincar pedagang yang bermain, yang cari untung dengan cara berlebihan,” tambahnya.

Tim terpadu ini akan turut melibatkan beberapa instansi lain, hingga DPRD Kolaka. Tim ini akan bekerja untuk memastikan kenaikan harga menjelang Ramadhan sepantasnya saja.

“Yang namanya kenaikan harga menjelang Ramadhan itu pasti akan ada. Tapi kita inginkan harus yang sesuai dengan keadaan, bukan karena disengaja karena mau dapat untung banyak. Supaya masyarakat bisa memasuki Ramadhan ini dengan khusyuk, tanpa ada beban pikiran dengan harga sembako yang melambung tinggi,” ungkapnya.

Karena itu, Asmani mengingatkan para pedagang untuk tidak menaikkan harga Sembako menjelang Ramadhan seenaknya. Apalagi sampai melakukan penimbunan yang menyebabkan terjadinya kelangkaan sembako.

“Yang jelas, berdasarkan pemantauan di pasar-pasar tradisional, sembako di Kolaka tetap tersedia hingga Ramadhan sehingga tidak ada alasan menaikkan harga,” katanya.

Diantara komoditi sembako yang akan diawasi adalah daging sapi maupun daging ayam. Sebab masyarakat punya tradisi mengkonsumsi daging di awal Ramadhan sehingga permintaan dipastikan naik. (r3/aha)

To Top