Beranda

Banyak Kasus Gigitan Anjing Gila Kendala Kota Kendari Raih KLA

KENDARI, BKK – Tahun ini diprediksi Kota Kendari memiliki peluang untuk mendapatkan kategori sebagai Kota Layak Anak (KLA). Namun masih ada beberapa catatan-catatan yang mesti dibenahi yakni masih banyaknya kasus gigitan anjing gila.

Hal itu diungkapkan Tim Ferivikasi KLA, Taufik, saat diwawancarai pada Selasa (9/5).

“Memang tugas kami adalah melakukan verifikasi, untuk memastikan apa yang disampaikan dalam laporan Kota Kendari pada saat evaluasi itu memang benar atau sesuai dengan apa yang terjadi,” bebernya.

“Adapun untuk menentukan naik, tidak, dan sebagainya itu, ada hakimnya sebagai penentu. Yakni menteri, sekretaris menteri, dan deputi. Tapi memang, Kota Kendari akan mendapatkan pertimbangan-pertimbangan dari pihaknya selaku tim verifikasi KLA,” tambahnya.

Bicara peluang, menurut dia, pihaknya mengakui Kota Kendari memiliki peluang untuk meraih kategori KLA, hanya saja ada ditemukan beberapa catatan-catatan, antara lain ada yang bagus tapi ada pula yang harus dibenahi, yakni masih banyaknya kasus gigitan anjing gila.

Selain itu, ia melanjutkan, berdasarkan verifikasi yang dilakukannya ada beberapa catatan yang juga mesti dibenahi, yakni masih banyaknya iklan-iklan rokok.

Sebenarnya, tutur dia, Kota Kendari sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

“Perda KTR inilah saran kami yang mesti ditegakan. Untuk itu kita harapkan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari untuk segera melakukan penertiban,” pintanya.

Sekretaris Kota (Sekot) Kendari Alamsyah Lotunani soal ini mengatakan, pihaknya akan komitmen untuk terus mengawal hal itu, bahkan pihaknya akan menyosialisasikan kepada warga kota untuk menaati Perda KTR.

“Kita akan tindak lanjuti catatan-catatan yang diberikan oleh pihak tim verifikasi KLA, termasuk rabies atau gigitan anjing dan narkoba,” katanya.

Yang jelas, pungkas Alamsyah Lotunani, dokumen yang telah disampaikan oleh tim verifikasi, semuanya sudah dilakukan.

“Kita sangat optimis tahun ini kita sangat optimis akan meraih kategori KLA, sebab berdasarkan informasi yang kita dapatkan di pusat, kita sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan KLA tersebut,” tuturnya. (cr6/iis)

To Top