Suksesi

Pelaksanaan PSU Bombana Dimajukan

RUMBIA, BKK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebelumnya menetapkan jadwal Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Bombana di tujuh TPS, Rabu (31/5). Namun, jadwal tersebut dimajukan satu hari tepatnya, Selasa (30/5) mendatang.

Perubahan jadwal pelaksanaan pencoblosan ini dilakukan berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dengan Nomor 34/PHP.BUP-XV/2017.

KPU Bombana kemudian juga menetapkan jadwal tersebut berdasarkan surat edaran bernomor 347/KPU/2017 perihal pelaksanaan putusan MK Nomor 34/PHP.BUP-XV/2017 tertanggal 5 Mei 2017.

“Jadwal ini sudah kita tetapkan, dalam keputusan KPU Bombana nomor 11/HK.03.1-Kpt/7406/KPU-Kab/V/2017 tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan PSU ditujuh TPS pasca putusan MK,” kata ketua KPU Bombana, Arisman, Senin (8/5).

Menurutnya, seluruh tahapan pelaksanaan PSU ini telah dijadwal mulai dari perencanaan program dan anggaran, hingga penyampaian laporan pelaksanaan PSU ke KPU Provinsi dan MK.

Saat ini pun,  pihak KPU Bombana tengah menjalankan sejumlah tahapan lainnya, seperti melakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan, termasuk beberapa tahapan lainnya.

“Sejak 26 April kemarin kami sudah menjalankan tahapan program pelaksanaan PSU di tujuh TPS ini. Sesuai jadwal, tahapan pelaksanaan PSU di tujuh TPS ini Akan berakhir tanggal 21 Juni mendatang,” jelas Arisman.

Seperti diketahui, PSU Pilkada Bombana dilakukan berdasarkan putusan MK atas permohonan sengketa pilkada yang diajukan pasangan calon bupati dan wakil bupati, Kasrah Jaru Munara-Man Arfah (Berkah).

Saat pemungutan suara serentak 15 Februari lalu, perolehan suara dimenangkan pasangan Tafdil-Johan Salim (Bertahan).

Sementara itu, berdasarkan putusan MK, tujuh TPS yang akan mengadakan PSU tersebut yakni TPS 1 Desa Hukaea dengan pemilih sebanyak 389 suara, TPS 2 Desa Lantari sebanyak 306 suara, TPS 2 Desa Tahi Ite sebanyak 235 suara, TPS 1 Desa Larete sebanyak 444 suara, TPS 2 Desa Larete (TPS 2 Marampuka) sebanyak 361 suara, TPS 1 Desa Lemo (TPS 1 Marampuka) sebanyak 431 suara dan TPS 1 Desa Lamuare sebanyak 341 suara. (r2/nur)

To Top