Garuda Segera Buka Penerbangam Makasar – Raha – Berita Kota Kendari
Headline

Garuda Segera Buka Penerbangam Makasar – Raha

RAHA, BKK – Tidak lama lagi maskapai Garuda Indonesia, akan membuka rute penerbangan dari Bandahara Sultan Hasanuddin Makasar ke Raha melalui Bandara Sugimanuru di Kabupaten Muna Barat.

Adanya kepastian pembukaan rrute penerbaangan ini disampaikan Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Muna Amiruddin Ako SPd MSi.

Rencana pembukaan rute penerbanyangan itu ditandai dengan akan ditandatanganinya memorandum of understanding antara Bupati Muna LM Rusman Emba ST dengan manajemen Garuda Indonesia pada 10 Mei 2017mendatang.

“Kita sudah diundang maskapai Garuda Indonesia, untuk menamdatangani MOU pembukaan rute penerbangan Makasar – Sugimanuru di Kantor Garuda Indonesia di Makassar,” kata Amir Ako, Senin (8/5).

Amir juga memastikan bahwa jenis plesawat yang masuk ke Muna adalah City Link yang berkapasias 70 sit. “Dengan dibukanya rute penerbangan Makasar  – Raha, maka arus transportasi barang dan jasa, akan meningkat cepat masuk ke Kabupaten Muna. Lapangan kerja baru akan terbuka dan sudah pasti  akan mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat kita,”tambah Kabag Humas Pemkab Muna ini.

Masuknya maskapai Garuda rute Makasar – Raha ini tidak hanya membawa tren positif terhadap psrtumbuhan perekonomian, tapi juga sekaligus kerjasama  dalam mempromosikan wisata di Kabupaten Muna ke mancanegara.

“Tidak hanya jasa tranportasi barang dan jasa yang masuk ke Muna, tapi kita  juga kersama dibidang pariwisata. Maskapai Garuda ini adalah maskapai penerbangam yang memiliki group yang besar ,hingga bisa mempromosikan wisata kita, melalui groupnya baik dalam negeri maupun mancanegara,” tambah Amir.

Dia juga mengatakan dalam waktu dekat ini Pemkab Muna akan mengeluarkan aturan, agar semua PNS di lingkup Pemkab Muna,jika melakukan perjalanan dinas keluar daerah, harus melalui Bandara Sugimanuru dan menggunakan pasawat yang telah disubsidilan Pemkab Muna.

“Memang masuknya maskapai Garuda ke Muna, kita subsidikan sebesar Rp 8 miliar pertahun. Jika sit tidak penuh. Tapi jika bandingkan dengan total anggaran perjalanan dinas semua SKPD di Kabupaten Muna mencapai Rp 24 M pertahun, nilai subsidinya kecil. Untuk itulah Pemkab Muna akan membuat regulasi yang mengharuskan semua PNS jika melakulan perjalanan dinas ke luar daerah, harus melalui penetbangan Garuda, yang telah kita subsidikan,” pungkas pengganti Fajaruddin Fafiki ini. (r1/lex)

To Top