Festival Qasidah Tingkat Provinsi di Ikuti 15 Kafilah – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Festival Qasidah Tingkat Provinsi di Ikuti 15 Kafilah

LASUSUA, BKK- Festival Seni Qasidah yang digelar Lembaga Qasidah Indonesia (LASQI) berskala besar I tingkat Provensi Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2017 dipusatkan di Kolaka Utara (Kolut). Festival yang diikuti 15 kafilah yang mewakili 15 kabupaten/kota akan berlangsung selama empat hari, yang dimulai pada 10 Mei, besok.

Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Kolut, Ramang mengungkapkan, hanya ada dua kabupaten yang tidak mengutus kafilah aktif dan hanya mengutus kafilah yang tidak aktif atau hanya mengutus pengurus LASQI, yakni Kabupaten Konsel dan Kabupaten Koltim.

Untuk akomodasi, Pemkab Kolut sudah menyiapkannya. “Setiap kafilah akan disediakan pemondokan yang akan dilayani 3 SKPD setiap kafilah,” ujar Kabag.

Untuk jumlah peserta setiap kafilah, tidak ditentukan. Namun untuk jumlah peserta yang akan ikut lomba sebanyak 48 orang yang akan dibagi empat kelompok dan sebagian kafilah telah tiba sejak Senin kemarin.

“Tim penilai dari pengurus LASQI provinsi 2 orang dan pengurus LASQI pusat 10 orang yang akan menilai untuk lomba bintang vokalis cilik putra dan putri, bintang vokalis remaja putra dan putri, Qasidah klasik remaja putra, bintang vokalis dewasa putra dan putri, Qasidah Klasik remaja putri, Qasidah klasik dewasa putra,” katanya.

Ramang menambahkan, setiap peserta kafilah akan melakukan pawai ta’aruf yang dimulai dari Lapangan Aspirasi menuju Masjid Agung dan berakhir dialun-alun kota tempat festival akan digelar.

Sebagai tuan rumah, lanjut dia, Pemda dan masyarakat tentu berharap Kolut bisa menjadi juara umum. “Kita sangat berharap festival Qasidah ini bukan hanya seremonial belaka, namun pesan moral dan nilai-nilai Islam yang tertanam di dalam setiap lomba Qasidah akan melahirkan generasi muda yang menjujung tinggi nilai toleransi dan islam,” harap Ramang. (cr11/aha)

To Top