Asrun Resmikan Puskesmas Kadia – Berita Kota Kendari
Beranda

Asrun Resmikan Puskesmas Kadia

Asrun didampingi Wawali Musadar Mappasomba memencet tombol yang menandai peresmian gedung. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK- Wali Kota Kendari Asrun, Senin (8/5) meresmikan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kadia di Jalan Supu Yusuf.

“Adanya sarana kesehatan dalam gedung puskesmas yang representatif dan memadai memang sangat diperlukan bagi peningkatan mutu pelayanan kita, yang berorientasi pada aspek keamanan pasien, efektivitas tindakan, dan kesesuaian dengan kebutuhan pasien,” kata Asrun.

Ia menambahkan, keberadaan fasilitas fisik adalah sarana penunjang bagi peningkatan mutu pelayanan kesehatan, khususnya di puskesmas.

“Pelayanan kesehatan wajib diberikan berdasarkan standar pelayanan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, dengan memperhatikan masukan dari pemerintah daerah (pemda), organisasi profesi, dan masyarakat,” ujarnya.

Agar puskesmas dapat menjalankan fungsinya secara optimal, pesan Asrun, perlu dikelolah dengan baik, baik kinerja pelayanan, proses pelayanan, maupun sumber daya yang digunakan.

“Masyarakat menghendaki pelayanan kesehatan yang aman bermutu, serta dapat menjawab kebutuhan mereka,” ucapnya.

Karena itu, tekan Asrun, upaya peningkatan mutu, manajemen resiko, dan keselamatan pasien perlu diterapkan dalam pengelolaan puskesmas, dalam memberikan pelayanan kesehatan yang komprehensif kepada masyarakat, yang dilakukan melalui upaya pemberdayaan masyarakat dan swasta.

“Untuk menjamin bahwa perbaikan mutu peningkatan kinerja dan penerapan manajemen risiko dilaksanakan secara berkesinambungan di puskesmas, maka perlu dilakukan penilaian oleh pihak eksternal dengan menggunakan standar yang ditetapkan, melalui mekanisme akreditasi,” papar Asrun.

Ia mengurai, pendekatan yang dipakai dalam akreditasi puskesmas adalah keselamatan, hak pasien dan keluarga, dengan tetap memperhatikan hak petugas.

Prinsip ini, tambah Asrun, ditegakkan sebagai upaya meningkatkan kualitas dan keselamatan pasien.

“Untuk melalui kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembangunan puskesmas, termasuk peran Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari dan lintas sektor terkait, yang telah mampu membina Puskesmas Lepolepo dan Poasia mencapai akreditasi madya di 2017 ini,” ungkapnya.

Pamungkas, Asrun berharap, dengan hadirnya puskesmas ini diharapkan dapat semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, serta mampu menjadi ujung tombak dalam mewujudkan tercapainya keberhasilan pembangunan di bidang kesehatan. (cr6/iis)

To Top