Lingkar Sultra

Polisi dan TNI Berhasil Atasi Kericuhan di Dua Pilkades

MANSIRAL USMAN/BERITA KOTA KENDARI
REDAM KONFLIK. Kapolsek Pakue, Ipda Ahmad Patoni memeluk salah satu tokoh masyarakat yang juga anggota DPRD Kolut, saat mengamankan situasi yang diwarnai kericuhan dalam prosesi Pilkades Majapahit, Kecamatan Pakue, Kolaka Utara, Sabtu (6/5).

LASUSUA, BKK- Pilkades Serentak yang dihelat di Kolaka Utara diwarnai kericuhan antara pendukung yang menang dan yang kalah. Setidaknya ada dua dari 64 Pilkades yang sempat mengalami tensi panas, namun berhasil didamaikan berkat kerja sama polisi dan TNI.

Dua peristiwa yang hampir berujung bentrok fisik antarpendukung ini terjadi pada Pilkades Majapahit (Kecamatan Pakue) dan Pilkades Tandaumera (Kecamatan Ngapa). Informasi yang dihimpun Berita Kota Kendari, Minggu (7/5) menyebutkan, bentrok yang nyaris terjadi di Desa Majapahit dipicu atas tindakan salah satu pendukung yang kalah kecewa, dengan memukul salah satu pendukung calon yang menang.

Insiden ini berbuntut dengan aksi balas dendam dari kubu yang menang. Bahkan ada sejumlah pendukung yang sudah melengkapi diri dengan bersenjatakan tombak dan parang.

Beruntung, sebelum bagian yang mengerikannya terjadi, aparat kepolisian dan TNI langsung turun ke lapangan dan meredam emosi masa. Kapolsek Pakue, Ipda Ahmad Patoni juga ikut menghalau masa. Bahkan Kapolsek langsung memeluk seorang pria paruh baya yang membawa tombak dan parang.

“Alhamdulillah kita melakukan pendekatan persuasif dan kekeluargaan sehingga kejadian ini bisa kami redam,” ujar Patoni.

Menurut Patoni, insiden pemukulan ini hanya selisih paham dan dia harap tidak akan menimbulkan gejolak yang panjang. Adapun warga yang membawa tombak dan parang sudah diamankan dengan diberikan pemahaman.

“Kami akan fasilitasi untuk mendamaikan kedua belah pihak dan meminta pihak yang lain untuk menahan diri. Pilkades ini sudah selesai, dan saatnya semua kembali bergandeng tangan, melangkah bersama untuk membanguan desa,” pesannya.

Keributan di Pilkades Toundomera, juga dipicu masalah yang sama. Dua kubu yang juga nyaris bentrok ini mampu didamaikan.

Pilkades Serentak di Kolut ini mendapatkan atensi langsung dari Polda Sultra maupun Korem 143 / Halu Oleo. Danrem 143/HO Kolonel Inf Andi Perdana Kahar SH,  Wakapolda Sultra, Kombes Pol Drs Bambang Priyambada SH M.Hum dan Dandim 1412/Kolaka Letkol INF Seniman Zega SH, ikut memantau jalannya Pilkades yang digelar pada Sabtu (6/5) itu.

Wakapolda bersama Danrem yang didampingi Kapolres Kolut AKBP Juli Eko Prihartono SIK, langsung memantau jalanya perhitungan sura di TPS Desa Ponggiha dan Desa Watuliu, Kecamatan Lasusua. (cr11/aha)

To Top