PENGHARGAAN Pangdam Inginkan Kopka Sutardi Masuk Secaba tanpa Tes – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

PENGHARGAAN Pangdam Inginkan Kopka Sutardi Masuk Secaba tanpa Tes

DOK PENREM 143
SALAMAN DENGAN PRESIDEN. Kopka Sutardi bersalaman dengan Presiden RI Joko Widodo usai makan siang bersama di Istana Negara, pada awal Mei lalu.

BUTON, BKK- Penghargaan atas pengabdian Anggota Kodim Buton, Kopral Kepala (Kopka) Sutardi terhadap masyarakat Bajo di Buton terus bergulir. Setelah memenuhi undangan makan siang bersama Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara pada awal bulan ini, giliran Panglima Kodam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti yang memberinya apresiasi khusus.

Dari Pangdam Hasanuddin, Kopka Sutardi diminta untuk masuk Sekolah Calon Bintara (Secaba) tanpa tes. Hal itu dikemukakan oleh Kasdam XIV/Hasanuddin, Brigjen TNI Supartodi saat diwawancarai awak media usai memimpin upacara penutupan TMMD Ke-98 Kodim 1413/Buton, akhir pekan lalu.

“Dia akan masuk bintara, Secaba tanpa tes. Apapun namanya tanpa test,” ucap Brigjen Supartodi seperti dikutip dari laman resmi Komando Resor Militer 143/Haluoleo, korem143.kodam-wirabuana.mil.id, Minggu (7/5).

Brigjen TNI Supartodi juga mengatakan, penghargaan terhadap Kopka Sutardi disamping sebagai bentuk apresiasi Pangdam XIV/Hasanuddin kepada prajuritnya yang berprestasi, juga dimaksudkan sebagai motivasi bagi prajurit lain agar berbuat yang terbaik. Dalam hal ini, Kopka Sutardi dinilai telah berperan dalam peningkatan SDM masyarakat wilayah binaannya.

“Minimal memberikan kontribusi yang bisa menaikan nama baik atau citra satuan,” terangnya.

Dia menuturkan, selaku pimpinan di Kodam XIV/Hasanuddin, pihaknya merasa bahagia, bangga dan terharu atas inovasi, kreatifitas dan dedikasi yang telah ditorehkan oleh Kopka Sutardi. “Dia seorang prajurit, yang bersama Bhabinkamtibmas tanpa pamrih membina masyarakat kita agar bisa membaca dan menulis, tentu kita sangat bangga dan terharu. Sampai Bapak Presiden pun memberikan apresiasi dengan mengundangnya makan siang di Istana,” tambahnya.

Dia menjelaskan, apa yang telah dilakukan Kopka Sutardi bersama prajurit lainnya secara langsung telah meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui ilmu pengetahuan. “Masyarakat tadinya hanya bisa menangkap ikan, tapi setelah tahu membaca buku, maka masyarakat sudah bisa tahu cara membudidayakannya,” jelas Kasdam.

Apresiasi juga disampaikan DPRD Buton, La Ode Rafiun, S Pd, dengan mengatakan, perpustakaan terapung itu telah menjadi taman baca bagi anak-anak Suku Bajo. (ist/penrem143)

To Top