Gina Lolo Segera Dikirim ke Pengadilan – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Gina Lolo Segera Dikirim ke Pengadilan

KENDARI, BKK- Kejaksaan Negeri (Kejari) Unaaha sudah merampungkan kasus dugaan korupsi pembangunan Kantor Bupati Konawe Utara (Konut) tahap III, yang melibatkan mantan Bendahara Umum Daerah (BUD) pada Dinas Pendapatan, Pengelola Keuangan, dan Aset Daerah (DPPKAD) Konut Gina Lolo.

“Dalam waktu dekat berkas Gina Lolo akan kita limpahkan ke pihak Pengadilan Negeri (PN) Kendari,” terang Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasipidsus) Kejari Unaaha Sahrir, dikonfirmasi melalui telepon genggamnya, Minggu (7/5).

Ia menjelaskan, kepastian kapan dilakukan pelimpahan berkas masih menunggu rekomendasi dari Kepala Kejari (Kajari) Unaaha, namun kemungkinan hal itu akan dilakukan pekan ini,  sebab berkas tersangka benar-benar telah rampung.

“Kita tunggu saja perintah pimpinan, kalau sudah ok, kita langsung kirim,” jelasnya.

Gina Lolo ditetapkan sebagai tersangka pada Mei 2016 lalu, dari status awal sebagai saksi dalam perkara mantan Bupati Konut Aswad Sulaiman.

“Berdasarkan pemeriksaan yang kita lakukan terhadap Gina, ternyata dia adalah orang yang cukup andil pada proses pencairan dana senilai Rp 4,8 miliar yang diberikan pada pihak rekanan PT Poni Bintang Nusantara,” bebernya.

Dalam pencairan dana tersebut, masih kata Sahrir, Gina Lolo melakukannya tanpa tanda tangan Usman sebagai PPTK Asmara yang saat itu menggantikan Kabid Akutansi DPPKAD serta Cakunda dalam jabatan pendataan keuangan.

“Akibat dari tindakannya tersebut, negara mengalami kerugian hingga Rp 2,3 miliar,” pungkasnya. (cr5//iis)

To Top