Festival Pawai Budaya yang Memukau – Berita Kota Kendari
Headline

Festival Pawai Budaya yang Memukau

Ratusan Warga Kota Kendari Antusias Menyaksikan Festival Pawai Budaya Dalam Rangka HUT Kota Kendari ke-186. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Ratusan warga Kota Kendari tampak sangat antusias untuk menyaksikan secara langsung pelaksanaan festival pawai budaya yang dihelat Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Kendari, yang dihelat dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kendari yang ke-186.

Salah seorang warga Kendari, Rita mengatakan pawai budaya ini merupakan kegiatan yang sangat positif yang digelar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari. Sebab, lanjutnya, berkat pawai budaya dirinya beserta masyarakat lainnya yang juga menyaksikan secara langsung pawai budaya ini bisa mengenal lebih jauh etnis lainnya.

“Selaku masyarakat saya sangat suport sekali kegiatan seperti ini, sebab dengan kegiatan tersebut dapat menyatukan dan meningkatkan silaturahmi antar budaya,” ungkap Rita kepada Harian Berita Kota Kendari Sabtu (6/5).

Ia mengaku sangat terhibur dengan aktraksi yang dilakukan masing-masing etnis dalam pawai budaya, Apa lagi masing-masing etnis memiliki tarian dan pakaian tradisional yang berbeda-beda.

“Saya sangat bangga dengan Kota Kendari meski beragam etnis yang ada didalamnya, namun itu tidak menciptakan perselisihan,” paparnya.

Semoga, harap dia, melalui festival pawai budaya ini, ikatan kekeluargaan antar sesama etnis dapat terus terjaga. Yang menjadikan Kota Kendari sebagai Kota yang layak huni dengan segala keramahan dan keakuran dalam perbedaan etnis.

Ditempat yang sama, Rina, mengaku sangat senang menyaksikan pawai budaya. Apa lagi, kali ini peserta dalam pawai budaya ini lumayan banyak.

“Kalau saya melihat setiap etnis menampilkan ciri etnisnya masing-masing. Dimana ciri etnis masing-masing budaya tersebut berbeda-beda sehingga memberikan variasi dan pemahaman kepada kami (masyarakat) tentang tarian dan tradisi masing-masing etnis tersebut,” tambahnya.

Menurutnya, tarian yang disajikan setiap etnis sangat unik dan menghibur masyarakat Kota Kendari yang datang menyaksikan secara langsung.

“Olehnya itu, selaku masyarakat kami sangat mengharapkan kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan, untuk menumbuhkan ikatan kekerabatan antar sesama etnis yang ada di Kota Kendari,” harap Irma. (cr6/lex)

To Top