Pendidikan

272 Mahasiswa Unilaki Diwisuda

Suasana kegiatan wisuda Unilaki, Minggu (7/5). Foto: Irman

UNAAHA, BKK-  Universitas Lakidende (Unilaki), Minggu (7/5), kembali mencetak 272 alumni yang siap terjun ke dunia kerja.

Ratusan wisudawan tersebut terdiri dari sembilan orang jurusan administrasi, 40 dari teknik sipil, lima sarjana pertanian agribisnis, 32 dari ekonomi manajemen, 42 dari bahasa Inggris, 86 orang dari bahasa dan sastra Indonesia, 55 dari matematika, dan tiga dari jurusan ilmu hukum.

Di sela-sela kegiatan wisuda tersebut, Ketua Yayasan Lakidende-Razak Porosi, Dra Hj Sitti Aminah Razak Porosi mengungkapkan, setelah wisuda, alumni akan memasuki kehidupan bermasyarakat yang jauh lebih luas, sekaligus akan menghadapi tantangan yang semakin berat. Menghadapi itu, alumni tidak boleh hanya mengandalkan nilai pada ijazah, tapi kompetensi dari memperoleh ijazah tersebut harus dikembangkan melalui peningkatan kemampuan dan keterampilan diri yang lebih kreatif dan inovatif.

“Itu semua dituntut dalam dunia kerja. Termasuk di dalamnya, penguasaan informasi, kemampuan berorganisasi, kepribadian dan etika berkomunikasi yang baik, dan attitude sebagai satu pintu  sukses dalam dunia kerja,” imbaunya.

Sementara itu, Rektor Unilaki, Prof Dr Laode Masihu Kamaluddin mengatakan,  ilmu pengetahuan yang mahasiswa peroleh di kampus sudah cukup sebagai instrumen memulai kehidupan seorang sarjana. Untuk itu, ia meminta agar peserta wisuda itu segera masuk ke dunia kerja dengan penuh motivasi.

“Ujian besar sudah menanti di luar sana, tapi jangan pernah takut karena kalian mampu. Apabila mendapati suatu dilema, jangan pernah segan untuk kembali menengok kampus kita tercinta, sebab Unilaki disediakan untuk mereka yang haus akan pengetahuan, dan siap menjadi tempat berteduh bagi alumni yang memerlukan kearifan,” terangnya.

Ia juga mengingatkan bahwa sejarah telah mengajarkan kalau sukses itu muncul dimana saja, oleh suku bangsa mana saja, dan ras apa saja.

“Tak ada barat atau timur, tak ada Eropa atau Asia, tak ada kulit putih atau hitam. Sepanjang ada bibit keunggulan dalam diri kita, maka sukses itu Insha Allah akan menghampiri orang tersebut,” tandasnya.
Adapun lulusan terbaik Unilaki kali ini adalah Sarlinda Mareta. Ia merupakan mahasiswa program studi manajemen, dengan IPK 3.90 dan masa studi 3,5 tahun. (r3/nur)

To Top