Lingkar Sultra

PU Muna Gelar Lelang Proyek Bulan Ini

Ifaruddin Tando S IP MM

RAHA,BKK– Dinas Pekerjaan Umum dan Penataraan Ruang dipastikan menggelar lelang proyek pada Mei ini. Total anggaran yang disiapkan untuk lelang mencapai Rp 200 miliar.

“Semoga tidak ada halangan, lelang proyek di PU Muna akan digelar bulan ini. Kita tinggal menunggu pihak konsultan perencanaanya saja,” kata Pelaksana Tugas Kadis PU Muna, Ifaruddin Tando, Jumat (5/5).

Dinas PU dan Penata Ruang Kabupaten Muna pun telah membentuk panitia khusus untuk mempercepat proses perencanaan yang dilakukan konsultan perencanaan, agar semua kegiatan proyek tahun 2017 dapat dilaksanakan tepat waktu. Ifaruddin mengklaim, dari total anggaran sekitar Rp 200 M dan paket-paketnya, boleh dikata bahwa arah pembangunan infrastruktur Kabupaten Muna lebih pro rakyat.

Dia mencontohkan, tahun ini akan ada proyek penataan pada sejumlah kawasan kumuh dalam Kota Raha. Diantaranya eks Restoran Concun, sekitaran Pelabuhan Raha,  Wamponiki dan Empang Tula.

Untuk eks Resto Kunkun, akan dibuat area jogging track dengan dana Rp 4 miliar. Kemudian penataan kawasan kumuh di Empang Tula dengam anggaran Rp 2 Miliar. Kawasan kumuh di sekitar Pelabuhan Nusantara Raha dan tugu juga ditata dengandana Rp 1,5 Miliar. Sedangkan penataan kawasan kumuh di Wamponiki anggarannya berjumlah Rp 2 Miliar. Totalnya ada Rp 9,5 miliar

Selain itu, ada juga penataan kawasan Kota Baru yang berlokasi di Desa Motewe dengan nilai proyek Rp 20 Miliar. Kemudian penataan kawasan perkantoran terpadu dengan alokasi sebesar Rp 15 Miliar. Ada juga pembangunan rumah adat Muna senilai Rp 5 miliar dikawasan eks Kantor Bank BPD lama.    \

Proyek yang juga dibangun tahun ini, termasuk pembangunan infrastruktur jalan di sejumlah desa dan kecamatan serta lokasi wisata. Demikian pula dengan  proyek air  bersih di sejumlah kecamatan dengan anggaran Rp 4 Miliar.

Sedangkan terkait pembangunan infrastruktur jalan, kata mantan Sekretaris Dishut Muna ini, ada sejumlah ruas jalan yang akan dikerjakan, diantaranya di Desa Wapunto ke Katilobu senilai Rp 1,5 miliar, jalan lingkar di Desa Lasunapa dianggarakan senilai Rp 1,5 Miliar, jalan menuju ke obyek wisata Benteng Liamipute di Tongkuno  senilai Rp 1 Miliar. (r1/aha)

To Top