Pemkot Sosialisasikan UU ASN – Berita Kota Kendari
Beranda

Pemkot Sosialisasikan UU ASN

KENDARI, BKK – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari menyosialisasikan Undang-undang Aparatus Sipil Negara (ASN) kepada ratusan pegawai, Jumat (5/5), di Hotel D’Blitz.

Kepala Badan Kepegawaian (BKD) dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Kendari Zainal Arifin mengatakan, dalam konteks birokrasi pemerintah implementasi dari kata disiplin dibagi dalam tiga aspek, yakni disiplin administrasi, disiplin dalam pelaksanaan, dan disiplin pembinaan atau pengawasan.

Menurutnya, disiplin administrasi yang dimaksud adalah dokumen dan pengarsipan, catatan dan penatausahaan, pemanfaatan barang atau aset, pemeliharaan dan perawatan, serta pelaporan.

“Sedangkan disiplin pelaksanaan yang dimaksud adalah tepat tindakan, tepat sasaran, tepat waktu, tepat volume, dan tepat mutu. Sedangkan, lanjutnya, disiplin pembinaan dan pengawasan maksudnya adalah pengarahan, pembinaan, dan pendidikan, pemberitahuan, peringatan, penjatuhan sanksi dan reward dan punishment,” paparnya.

Ia menyebutkan, beberapa indikasi rendahnya disiplin pegawai adalah angka kemangkiran tinggi, masuk kantor sering terlambat, gairah kerja menurun, berkembangnya rasa tidak puas, saling curiga dan saling lempar tanggung jawab, penyelesaian pekerjaan lambat, supervisi tidak berjalan, terjadi konflik (manajemen versus pegawai)

“Rekapitulasi PNS Kota Kendari jumlah PNS 6.688 orang terdiri dari eselon II 36 orang, eselon III 170 orang, eselon IV 869 orang, jabatan fungsional umum (JFU) 2.358 orang, jabatan fungsional tertentu (JFT) 3.255 orang,” sebutnya.

Kata dia, karakter yang harus dimiliki ASN dalam organisasi adalah masing-masing pejabat struktural harus mengawasi tupoksi, atasan langsung terus membimbing, membina, mengarahkan dan mengawasi staf yang berada dalam tanggung jawabnya. (cr6/iis)

To Top