Pawai Budaya Diikuti 25 Etnis di Sultra – Berita Kota Kendari
Beranda

Pawai Budaya Diikuti 25 Etnis di Sultra

Wa Ode Arnas Gusri. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Sebanyak 25 entitas etnis akan memeriahkan Pawai Budaya yang digelar hari ini.
Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Pariwisata pada Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Kendari Wa Ode Arnas Gusri mengatakan, Jumat (5/5), semua peserta sudah menyetorkan sinopsisnya.

“Sudah 25 etnis yang dipastikan akan meramaikan pawai budaya. Sisa dua etnis lagi yang belum datang atau mendaftar sampai Jumat, yakni Sunda dan Pangkep,” ungkapnya.

Ia menyebut, 25 entitas etnis itu antara lain Bali, Makassar, Wakatobi, Wanci, Kaledupa, Tomia, Binongko, Muna Barat (Mubar), Tolaki, dan Buton.

“Pawai budaya dilakukan sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari kepada etnis yang eksis menjadi warga kota untuk membangun Kota Kendari,” katanya.

“Selain itu, pawai budaya ini juga diharapkan dapat mempromosikan pariwisata yang ada di Kendari sebagai kota yang multi etnis atau beragam suku,” lanjutnya.

Lebih jauh, kata dia, yang bakal ditampilkan dalam pawai budaya nanti tergantung masing-masing etnis yang ada.

“Yang pasti, dalam pawai budaya nanti masing-masing etnis akan menampilkan ciri dan kekhasan daerahnya. Baik itu menampilkan perahu, tari-tarian, serta pakaian khas masing-masing etnis,” paparnya.

Ia menambahkan, pawai budaya ini akan dilakukan di depan Kantor Polisi Pamong Praja (Pol PP) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), dan berakhir di depan Kantor Wali Kota, tepatnya di depan Tugu Religi (MTQ Square).

“Harapan kami melalui kegiatan pawai budaya bisa menjadi alat pemersatu antarsuku dan antaretnis yang ada di Kota Kendari, yang dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan daerah,” imbuhnya.

Pamungkas, Arnas mengungkapkan, pihaknya tidak menyiapkan hadiah khusus kepada peserta pawai budaya, tetapi setiap etnis yang meramaikan pawai budaya ini akan  diberikan dana stimulan sebesar Rp 3 juta. (cr6/iis)

To Top