Banyak Desa belum Selesaikan LPJ – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Banyak Desa belum Selesaikan LPJ

RAHA,BKK- Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Muna, Ari Asis membenarkan masih banyak desa yang belum merampungkan Laporan Pertanggungjawaban penggunaan dana desa tahun anggaran 2016. Selain itu, masih banyak pula yang belum membuat Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa 2017.

Padahal, LPj dan APBDes merupakan syarat mutlak yang harus disertakan untuk mencairkan insentif bagi kepala desa dan perangkat desa. “Memang seperti itu syaratnya. Jika LPJ tahun 2016 dan APBDes tahun 2017 belum dimasukkan ke BKAD, insentif para kades memang tidak bisa kita cairkan,” kata Ari Asis pada koran ini, kemarin.

Kabid Pemerintahan Desa, Dinas Pemerintahan Desa Kabupaten Muna, Rustam yang dikonfirmasi terpisah mengakui masih banyak desa yang belum menyetorkan LPj tahun anggaran 2016 maupun APBDes 2017. “Memang para kades terlambat membuat LPJ tahun 2016. Dari 124 kades, masih ada puluhan kades yang belum membuat LPJ. Demikian juga dengan APBDes, hingga hari ini para kades masih membuat APBDes tahun 2017. Jika dua syarat ini belum dilakukan, maka insentif para kades,belum bisa dicairkan,” kata Rustam kemarin.

Dia menjelaskan, seharusnya para Kades dan perangkat desa sudah bisa menerima insentif untuk Januari – April 2017. Tapi sayangnya, insentif itu belum bisa dicairkan.

“Tidak bisa dicairkan karena dana ini sifatnya gelondongan. Tidak bisa dicairkan untuk orang per orang,” tambahnya.

Dia juga mengingatkan para Kades jangan hanya tahu menuntut hak, tapi kewajibannya tidak dipenuhi.

“Jadi jangan lagi ada bahasa di luar insentifnya ditahan-tahan pihak keuangan. Padahal mereka sendiri yang tidak memenuhi kewajibannya,” katanya.

Adapun besaran insentif untuk kepala desa yaitu Rp 3 juta per bulan. Sedangkan untuk perangkat desa Rp 1,5 juta per bulan. (r1/aha)

To Top