Speed Boat yang Tenggelam di Pelabuhan Kasipute Milik PT SSU – Berita Kota Kendari
Aktualita

Speed Boat yang Tenggelam di Pelabuhan Kasipute Milik PT SSU

Speed Boat yang diduga adalah milik PT SSU yang tenggelam di Pelanggan perintis Kasipute Bombana, Kamis (4/5). Foto: Ahmad Ridha/BKK

RUMBIA, BKK – Entah apa penyebabnya sehingga Speed Boat yang diduga adalah milik PT Surya Saga Utama (SSU), perusahaan pemilik pabrik pemurnian nikel (smelter) di pulau Kabaena tiba-tiba tenggelam di perairan Kasipute Bombana, Kamis (4/5).

Hal ini diketahui pada, Kamis (4/5) sekitar pukul 06.00 Wita. Belum diketahui apa penyebab tenggelamnya Speed Boat milik perusahaan raksasa tersebut.

Namun berdasarkan keterangan sejumlah warga yang berada di sekitar pelabuhan, kondisi ini terjadi diduga akibat cuaca buruk yang melanda perairan Bombana, Rabu (3/5) malam.

Disamping itu, saat bersandar dipelabuhan perintis Kasipute itu, para awak kapal tidak berada dikapal dan sedang meninggalkan tempat.

“Waktu saya datang tadi pagi-pagi, sudah tenggelam memang ini kapal. Informasi yang saya dapatkan, tiga ABK (Anak Buah Kapal) yang bertugas menjaga kapal ini sedang tidak berada ditempat saat kapal ini tenggelam,” kata, Aco warga yang sedang menyaksikan tenggelamnya kapal tersebut,  kemarin.

Pantauan koran ini sekitar pukul 08.00 Wita, tiga ABK masih melakukan evakuasi terhadap barang-barang yang ikut tenggelam dikapal tersebut.

“Kalau saya menilai, kapal ini tenggelam akibat kelalaian ABK-nya karena saat tenggelam tidak dalam kondisi jalan. Pokoknya sementara berlabuh baru tenggelam makanya saya pikir ini adalah kelalalian ABK,” ungkap,  Aco.

Dikonfirmasi terpisah, Salam seorang pegawai diras Perhubungan Bombana, Rahman SH mengatakan, pihaknya juga belum mengetahui apa penyebab tenggelamnya kapal milik PT SSU itu.

Menurutnya, pihaknya mengetahui kejadian ini setelah dirinya mengecek Kapal Feri KMP Madidihang yang akan bertolak menuju Kabaena.

“Saya sendiri kaget waktu tiba dipelabuhan tadi, tiba-tiba saya lihat ada speed boat yang tenggelam. Saat saya tanya kapal milik siapa, mereka bilang kapalnya PT SSU,” tukas, Rahman.

Sementara, manajemen  PT SSU hingga kini belum ada yang bisa dikonfirmasi soal inaiden tenggelamnya kapal ini. (r2/lex)

To Top