Pendidikan

MAN 1 Kolaka Temukan ‎Pencegahan Alzheimer dari Bayam dan Telur

Kepala MAN 1 Kolaka Ansani bersama siswanya yang berprestasi dan piala yang diraih dalam lomba yang diikuti bulan april 2017 lalu.

KOLAKA,BKK – Salah seorang siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kolaka bernama Syahrul Anami, berhasil menemukan pencegahan penyakit alzheimer dari bayam dan telur.

“Hanya dalam waktu seminggu melakukan penelitian, siswa kami menemukan kalau bayam dan telur bisa dijadikan pencegahan alzheimer, atau keterbelakangan mental akibat daya ingat,” kata guru pembimbing MAN 1 Kolaka Hajranah, Kamis (4/5).

Menurut Hajranah, penyakit Alzheimer merupakan kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku pada penderita akibat gangguan di dalam otak yang sifatnya progresif atau perlahan-lahan.

Alzheimer sendiri memiliki beberapa gejala, diantaranya penurunan ingatan jangka pendek atau kemampuan belajar atau menyimpan informasi, ‎penurunan kemampuan berbahasa dan kesulitan menemukan kata atau kesulitan memahami pertanyaan atau petunjuk, ketidakmampuan menggambar atau mengenal gambar dua-tiga dimensi, dan sebainya.

Ditempat sama, kepala MAN 1 Kolaka Ansani menambahkan, kenapa bayam dan telur bisa mencegah penyakit alzheimer, ‎karena bayam banyak mengandung vitamin C, sementara telur mengandung banyak B12.

“Dari penelitian ini yang kemudian menetapkan ‎MAN1 Kolaka sebagai juara II, dalam lomba serba serbi sanis Biologi Universitas Haluoleo,” kata Ansani.

Menurut Ansani, dalam lomba serba serbi sains Biologi yang diselenggarakan UHO, pada tes pertama diikuti 103 siswa dari 8 kabupaten/kota di Sultra dan MAN 1 Kolaka mewakili Kabupaten Kolaka. Dari tes pertama ini kemudian terpilih 6 finalis, dimana siswa MAN 1 Kolaka masuk 7 besar karena memiliki nilai sama dengan peserta yang masuk 6 besar. Setelah mempersentasikan makalah didepan dewan juri, siswa MAN 1 Kolaka ditetapkan sebagai juara dua. (r3/lex)

To Top