Bupati Muna Dukung Program Agrowisata Kementan – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Bupati Muna Dukung Program Agrowisata Kementan

Bupati Muna LM Rusman Emba ST saat mengkuti acara Dirjen Pekebunan dari Kementan RI mengenai pengembangan agrowisata

RAHA, BKK – Salah satu program Kementerian  Pertanian (Kementan) Republik Indonesia (RI) yang diharapkan dapat diaplikasikan para  kepala daerah yaitu merancang satu kawasan perkebunan, pada titik-titik destinasi wisata. Hal ini diharapkan agar kedepan  pengembangan perkebunan seperti ini dapat menjelma menjadi potensi wisata di daerah.

Bupati Muna LM Rusman Emba sangat mengapresiasi program Kementan ini dan mendukung pengembangannya menjadi kawasan agrowisata.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perkebunan Kementan RI, Ir Bambang MM menyebutkan, para pimpinan daerah di Kabupaten bisa merancang tempat wisata yang ditanami hasil perkebunan.

“Jika hal ini dilakukan, maka kedepan perkebunan seperti ini dapat  menjadi agrowisata dan  bisa menarik perhatian wisatawan,” kata Dirjen Perkebunan Kementan RI dalam  rapat koordinasi dan konsultasi pembangunan perkebunan di Hotel Clarion, (3/5) yang diikuti oleh bupati dan walikota se-Sultra.

Program agrowisata ini direspon positif oleh Bupati Muna. Bahkan salah satu programnya yang sedang berjalan saat ini  yaitu pengembangan kebun jagung seluas 30 ribu hektar.

Dia juga  mengatakan bahwa  program ini selaras dengan  program andalannya saat ini dalam hal pengembangan potensi wisata.

“Program Dirjen Perkebunan Kementan ini, selaras dengan program kami. Di Muna saat ini kami sudah mencanangkan perkebunan jagung seluas 30 ribu hektar tahun ini. Terlebih saat ini kami sedang gencar gencarnya mempromosikan wisata di Kabupaten Muna ke tingkat nasional dan mancanegara,” kata Bupati Muna ini kemarin.

Dalam acara tersebut Bupati Muna diberi waktu untuk memaparkan programnnya terkait hal ini. Dalam pemaparannya orang nomor satu di Muna ini mendukung program tersebut dan berharap  Muna dapat menjadi perhatian pemerintah pusat termasuk pendanaannya agar dapat mengembangkan  agrowisata .

Rusman juga menyatakan kesiapan dan dukungannya jika investor mau melirik ke Muna dan membangun perusahaan dan pabrik.( r1/lex)

To Top