UNBK SMP se-Sultra Masih Temukan Kendala – Berita Kota Kendari
Pendidikan

UNBK SMP se-Sultra Masih Temukan Kendala

KENDARI, BKK- Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilaksanakan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Sulawesi Tenggara (Sultra), masih menemukan beberapa kendala lapangan. Salah satunya yang berhubungan dengan transmisi.

Menurut ketua Posko Tim Helpdesk UNBK Provinsi Sultra jenjang SMP dan SMA sederajat, Paruddin SPd MPd, pada akhir pelaksanaan UNBK telah terjadi kerusakan transmisi.

“Pada awal pelaksanaan UNBK hari pertama, server tidak mengalami kendala akan tetapi setelah pukul 16.00 Wita kita menemukan kerusakan transmisi yang langsung berasal dari telkom. Namun, kerusakan tersebut tidak cukup lama dan menjadi masalah karena jawaban siswa sudah dikirim ke pusat,” ujar Paruddin yang juga selaku progtor utama SMPN 1 Kendari, Rabu (3/4).

Ia menjelaskan, kerusakan yang yang terjadi pada saat akhir sesi ketiga UNBK tersebut bermasalah pada sekolah se-Sultra yang terjadi selama tiga puluh menit. Untungnya, kejadian ini tidak mempengaruhi pelaksanaan ujian.

“Seumpamanya gangguan transmisi tersebut terjadi pada saat pelaksanaan UNBK, kita sudah mengantisipasinya dengan menggunakan Tethering yang langsung disambungkan dengan perangkat komputer dan selama tiga tahun di SMPN 1 Kendari tidak pernah terjadi,” ungkapnya.

Pengalaman tiga tahun melaksanakan UNBK, lanjutnya, tentu pihak pusat juga sudah melakukan antisipasi terhadap kendala-kendala yang diprediksi akan terjadi dan sampai sekarang server lokal dan server pusat berkerja dengan  baik.

Ia menyebutkan, satu sekolah yang mengalami kendala yaitu SMPN 2 Bau-bau pada saat buka sidibisi status downloadnya kosong yang kemungkinan besar hal tersebut terjadi karena mendownload pada saat sinkronisasi belum tuntas. Seharusnya, pada saat mendownload  dan muncul status download berhasil tetap harus memastikan kembali bahwa data satu sampai sembilan sudah masuk dalam sistem yang dinamakan download server. Apabila salah satu soal tidak dapat terdownload maka pelaksanaan UNBK tidak dapat dilakukan.

“Namun, proses tidak terlalu bermasalah yang dimana pelaksanaan UNBK tidak tergantung dengan server pusat, jadi pihak ketua Posko Tim Helpdesk UNBK Provinsi Sultra sudah memegang anlocknya jadi untuk sinkronisasi ulang yang membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit sudah bisa dilangsungkan kembali UNBK tersebut,” tandasnya. (p12/nur)

To Top