Perintah KPU RI, PSU Digelar 31 Mei – Berita Kota Kendari
Headline

Perintah KPU RI, PSU Digelar 31 Mei

KENDARI, BKK – Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Tenggara (Sultra) dan KPU  Republik Indonesia (KPU RI) memerintahkan kepada KPU Sultra dan KPU Bombana untuk melakukan pemungutan suara ulang (PSU) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bombana dilakukan pada 31 Mei mendatang.

Hal ini diungkapkan Ketua KPU Sultra Hidayatullah bahwa sesui intruksi KPU RI, pelaksanaan PSU di tujuh tempat pemungutan suara (TPS) Pilkada Bombana akan dilakukan pada 31 Mei mendatang. Namun, penyampaian informasi itu baru disampaikan secara lisan.

“Iya benar pelaksanaannya itu akan dilakukan pada Tanggal 31 Mei mendatang. Tetapi itu baru sebatas informasi secara lisan dan kami di KPU Sultra masih menunggu surat secara tertulis dari KPU RI untuk pelaksanaan PSU Bombana,” katanya saat dikonfirmasi melalui sambungan selulernya, Rabu (3/5).

Dikatakannya, paling lambat besok (hari ini) pemberitahuan secara resmi untuk jadwal pasti pelaksanaan PSU Bombana sudah sampai di KPU Sultra.

Mantan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sultra menjelaskan, jadwal pelaksanaan PSU Bombana itu masih dalam tenggang waktu yang diperintahkan Mahkamah Konstitusi (MK) pasca membacakan putusan sengketa Pilkada Bombana pada Rabu (26/4) lalu.

“Batas waktu yang diberikan MK untuk melaksanakan PSU itu 30 hari kerja. Jika dihitung 30 hari kerja itu diluar hari Sabtu dan Minggu serta hari libur paling lambat itu PSU Bombana dilakukan pada 9 Juni nanti,” jelasnya.

Diungkapkannya, KPU RI juga memerintahkan dalam pelaksanaan PSU Pilkada Bombana nantinya bakal dilakukan serentak dengan tiga kabupaten lainnya yakni Pilkada Kabupaten Maybrat Provinsi Papua Barat, Pilkada Kabupaten Gayo Lues Provinsi Aceh dan Kabupaten Kepulauan Yapen Provinsi Papua.

“Dalam pelaksanaannya PSU nantinya itu akan dilakukan serentak dengan pilkada di tiga kabupaten lainnya yang juga diperintahkan majelis hakim MK untuk melakukan PSU pada saat pembacaan hasil putusan sengketa beberapa waktu lalu di MK,” bebernya.

Terpisah, Ketua KPU Bombana Arisman menegaskan, KPU Bombana sudah sangat siap untuk melakukan segala tahapan dalam pelaksanaan PSU nantinya. Hanya saja, sambungnya, saat ini pihaknya masih kekurangan anggaran untuk melakukan semua tahapan itu.

“Kami sudah sangat siap untuk melakukan semua tahapan sampai hari H pelaksanaan pemungutan suara,” tegasnya.

Ia menambahkan, untuk mengenai lokasi tujuh TPS yang dilakukan PSU sesuai perintah MK, KPU Bombana akan melakukan pengkajian ulang apakah masih digunakan lokasi yang sama pada saat pemungutan suara Pilkada serentak 15 Februari lalu. Jika tidak KPU Bombana akan kembali berkoordinasi dengan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Bombana untuk mengganti lokasinya tetapi masih di kelurahan/desa yang sama.

“Kami masih akan lakukan pengkajian ulang apakah lokasinya itu dipindahkan atau tidak. Yang pasti kalau memang dipindahkan kami bersama Panwaslu Bombana akan mencari lokasi dikelurahan yang sama dibuat untuk membuat TPS baru dengan tempat yang paling netral,” pungkasnya.

Untuk diketahui, MK memutuskan agar dilakukan PSU tersebut berdasarkan permohonan pasangan calon (paslon) nomor urut 1 Kasrah Jaru Munarah-Man Arfah (Berkah) atas hasil pemungutan suara Pilkada Bombana 15 Februari lalu yang memenangkan paslon Tafdil-Johan Salim (Bertahan).  Berdasarkan hasil perhitungan suara di KPU, berkah memperoleh 39.727 suara dan Bertahan 40.993 suara.

Sesuai putusan MK, Rabu (26/4) lalu, tujuh TPS yang akan mengadakan PSU adalah TPS 1 Desa Hukaea dengan pemilih sebanyak 389 suara, TPS 2 Desa Lantari sebanyak 306 suara, TPS 2 Desa Tahi Ite sebanyak 235 suara, TPS 1 Desa Larete sebanyak 444 suara, TPS 2 Desa Larete (TPS 2 Marampuka) sebanyak 361 suara, TPS 1 Desa Lemo (TPS 1 Marampuka) sebanyak 431 suara dan TPS 1 Desa Lamuare sebanyak 341 suara.

Dari hasil perolehan di tujuh TPS yang dilakukan PSU paslon Bertahan unggul 12 suara dibanding paslon Berkah dengan rincian yakni paslon Bertahan memperoleh 1.021 suara sedangkan paslon Berkah hanya memperoleh 1.009 suara. (m2/lex)

To Top