Kota Kendari Terancam Gagal Raih Predikat Kota Layak Anak Gegara Anjal – Berita Kota Kendari
Beranda

Kota Kendari Terancam Gagal Raih Predikat Kota Layak Anak Gegara Anjal

KENDARI, BKK- Target Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari memperoleh predikat Kota Layak Anak sedikit dinodai oleh fenomena anak jalanan (anjal).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Kendari Hj Sri Yastin mengatakan, Kota Kendari sedang menghadapi verifikasi Kota Layak Anak untuk 8-10 Mei.

“Karena sesuai data yang kami kirim kepada pihak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menilai yang kami dapat sudah melebihi target untuk mendapatkan kategori sebagai Kota Layak Anak,” ungkapnya.

Secara umum, kata dia, indikator yang sudah dipenuhi antara lain pintu masuk Kota Kendari sudah tidak ada lagi iklan-iklan rokok.

“Puskesmas ramah anak, kelurahan ramah anak, kecamatan ramah anak, dan kantor juga ramah anak.

Pokoknya, semua layanan publik yang ada di Kota Kendari ramah anak,” tuturnya.

Meski begitu, kata dia, di Kota Kendari ini anak jalanan (anjal) masih tetap ada, padahal tiap hari ditangkap.

“Dalam waktu singkat kami akan benahi agar anjal di Kota Kendari. Rencanannya, anjal tersebut akan kita ambil dan ditampung di Dinas Sosial (Dinsos) Kota Kendari. Sebenarnya kita sudah memiliki rumah aman bagi anjal, namun rumah aman ini belum dilakukan penyerahan sehingga belum bisa digunakan,” katanya. (cr6/iis)

To Top