Hasil UN Mencerminkan Prestasi Sekolah – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Hasil UN Mencerminkan Prestasi Sekolah

Pengamat Pendidikan Sulawesi Tenggara (Sultra) Prof Abdullah Alhadzah

KENDARI,BKK – Pengamat pendidikan Sulawesi Tenggara (Sultra) yang sekaligus sebagai dosen di Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK), Prof Abdullah Alhadzah mengatakan, hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SMA sederajat yang telah diumumkan, Selasa (2/5), menjadi salah satu penilaian pemerintah dalam pemetaan terhadap sekolah-sekolah yang mempunyai kualitas di daerah.

Dalam hal ini,  nilai ujian yang dihasilkan siswa benar-benar memcerminkan prestasi sekolahnya masing-masing. Namun, sejumlah sekolah yang telah mengumumkan kelulusan tersebut tentu diharapkan mengedepankan integritas.

“Dengan adanya siswa yang mendapatkan nilai yang sempurna khusunya yang mengikuti UNBK kita berikan apresiasi dan UNBK ini sangat teruji integritasnya,” ucap Prof Abdullah saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (3/5).

Dikatakannya, prestasi yang diraih siswa yang memiliki nilai sempurna bukan merupakan nilai prestasi sendiri melainkan prestasi yang mencerminkan sekolahnya tersebut. Hal ini tentu sangat terkait dengan akreditasi sekolahnya.

” Sekolah yang mempunyai akreditasi yang rendah tapi meluluskan siswanya dengan jumlah yang mendekati seratus persen maka harus dipertanyakan,  kiat apa yang sudah dilakukan dan semoga yang dilakukan menggunakan integritas artinya prestasi dengan integritas seimbang,” pungkasnya. (p12/nur)

To Top