Aktualita

Dua Triwulan Dana BOS Belum Cair, Hutang Sekolah Menumpuk

BATAUGA, BKK- Dana Bantuan Operasional Siswa (BOS) di Kabupaten Buton Selatan (Busel) untuk triwulan pertama 2017, hingga kini belum juga dicairkan, Rabu (3/5).

Ironisnya, Semua biaya operasional untuk menunjang kegiatan sekolah ditanggung pihak sekolah dengan cara mengutang dari pihak lain.

“Belum ada kejelasan kapan cairnya. Sejak bulan Januari hingga saat ini belum cair. sementara didalam menunjang kebutuhan kegiatan sekolah harus ada anggaran yang harus dikeluarkan. makanya jangan heran kalau di beberapa toko ATK (sampaing sekolah) itu saya mengutang. kan untuk kebutuhan sekolah,” ungkap Kepala SMAN 1 Batauga, Hanafi, S.Pd M.Pd.

dikatakan, keterlambatan pencairan dana BOS tingkat SMA ini diakibatkan adanya peralihan kewenangan dari pemerintah daerah kepada pemerintah provinsi. dimana dengan adanya peralihan ini, maka mekanisme penganggaran juga ikut diperbaharui.

“tidak seperti yang lalu, dalam pencairan sekarang ini, sekolah dituntut membuat rencana kegiatan dan anggaran sekolah (RKAS). Provinsi mengharapkan bisa setor semua, sehingga pencairannya serentak. yang jadi masalah adalah faktor geografis antara provinsi dan daerah ini sangat jauh jadi koordinasi itu tidakerjalan dengan baik,” tambahnya.

Hanafi berharap, kondisi tersebut tidak berlarut-larut, karena imbasnya akan berdampak kepada kegiatan sekolah.

“Harapan kami dana BOS segera cair. Kasian kami, agar tidak setengah mati seperti ini, tidak ada uang melakukan kegiatan sekolah. Inilah yang menjadi komplain semua kepala sekolah, dan umumnya seluruh Indoensia, apa boleh buat, terpaksa harus menghutang,” tutupnya.

To Top