Lomba Kuliner HUT Sultra Pemkab Muna Sajikan Menu Adat Kafelesau – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Lomba Kuliner HUT Sultra Pemkab Muna Sajikan Menu Adat Kafelesau

DOK HUMAS PEMKAB MUNA
GUBERNUR Sulawesi Tenggara, Dr Nur Alam saat mencicipi Waje Kapitalaou di Stand Pemkab Muna.

RAHA, BKK- Lomba kuliner masakan tradisional yang digelar di arena Pameran Pembangunan, Kamis (27/4), berlangsung seru. Masing-masing pemerintah kabupaten/kota berusaha menyajikan masakan tradisional dengan aneka bentuk yang menarik.

Gubernur Sulawesi Tenggara, Dr Nur Alam beserta istri, Tina Nur Alam pun mengunjungi satu per satu stand perwakilan daerah. Salah satunya di stand Pemkab Muna, yang pada lomba ini menyajikan makanan tradisional pada acara Kafelesau, alias jamuan pernikahan di pihak pengantin pria.

Adapun menu tradisional yang disajikan antara lain Waje Kapitalao, Keang Kea, Balobalo (makanan ringan), Lapalapa Satu Daun, Lapalapa (buras) Dua Daun, Lapalapa Tiga Daun, Kadonte (daging sapi yang dimasak dengan daun Gapogapo), Kahgule (daging ayam yang dimasak dengan kelapa goreng) dan lainnya.

Untuk diketahui, seluruh jenis makanan ini hanya ada pada acara adat Kafelesau, dan merupakan ciri khas masakan Suku Muna. Ketua TP PKK Muna, Yanti Setiawati Rusman menjelaskan, seluruh masakan tersebut dikerjakan oleh kelompok kerja 3 dan Pokja 4, TP PKK Muna.

“Kita yang susun semua jenisnya. Jadi semuanya lengkap, mulai makanan pembuka, makanan utama dan penutup,” kata Yanti.

Istri Rusman Emba, Bupati Muna ini pun mengaku sangat puas lantaran gubernur tak hanya sekadar berkunjung, namun juga ikut mencicipi hidangan yang disediakan. “Pak Gubenur memang datang ke meja kuliner kita dan mencicipi Waje Kapitalaou. Kita optimis bisa memenangkan lomba ini,” ujarnya. (r1/aha)

To Top