Lingkar Sultra

Akhirnya, Dana BOS di Butur Cair

BURANGA, BKK- Kepala Sekolah se Kabupaten Buton Utara (Butur) akhirnya bisa bernafas lega. Dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) untuk triwulan I yang selama ini dinanti-nanti, akhirnya tersalurkan.

Dinas Pendidikan (Diknas) setempat sudah berkoordinasi dengan pihak Bank Pembangunan Daerah (BPD) guna pencairan lebih cepat. Mengingat, dana BOS tersebut sangat dibutuhkan untuk membiayai pelaksanaan ujian nasional siswa sekolah tingkat  pertama (SMP) yang bakal digelar pekan depan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diknas Butur, Agus Pria Budiana memastikan dana BOS triwulan I sebesar Rp 5 miliar, cair sebelum pelaksanaan ujian nasional tingkat SMP digelar. “Alhamdulillah setelah sempat molor, dana BOS di Kabupaten Buton Utara akhirnya cair. Saya sudah lakukan koordinasi dengan BPD  angggarannya sudah ada dan siap disalurkan,”ungkapnya, kemarin.

Dia mengatakan, penyaluran dana BOS bakal diproritaskan terlebih dahulu ke SMP karena tengah mempersiapkan kebutuhan ujian nasional akan digelar pekan depan. Setelah itu baru disalurkan jenjang sekolah lainnya secara bertahap.

Mantan Camat Bonegunu ini menjelaskan, dana BOS dikucurkan per triwulan atau tiga bulan sekali dengan jumlah anggaran diterima setiap sekolah bervariasi tergantung jumlah peserta didik di satuan pendidikan masing-masing. Kalkulasinya,  semakin banyak jumlah siswa, maka dana BOS yang  disalurkan langsung melalui rekening setiap satuan pendidikan pun bertambah.

“Untuk besaran jumlah dana BOS per siswa setiap jenjang pendidikan berbeda-beda pula. Untuk jenjang SD persiswa dijatah Rp 800 ribu untuk satu tahun, siswa SMP Rp 1 juta, dan siswa SMA dan SMK Rp 1,4 juta,” beber Agus.

Pada prinsipnya, tambah dia, dana BOS dipergunakan untuk keperluan siswa terkait proses belajar mengajar selama di sekolah. Namun ada standarisasi yang harus dipenuhi dalam penggunaannya.

Antara lain dana BOS diporsikan untuk membiayai operasional program sekolah, yakni pengembangan kompetensi kelulusan, standar isi, standar proses, pendidik dan tenaga pendidikan, sarana dan prasarana sekolah, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan sistem implementasi penilaian. (cr10/aha)

To Top