Pendidikan

SMAN 1 Kendari Juara Ischiadicus Cup I FK

Simulasi memberikan pertolongan pertama pada suatu insiden atau kecelakaan (FOTO SUMARDIN)

KENDARI, BKK- Tidak hanya berprestasi di bidang akademik, SMAN 1 Kendari juga mampu menunjukkan prestasinya di bidang non akademik. Hal itu dibuktikan dengan perolehan yang baru saja dipersembahkan peserta didiknya.

Tim Palang Merah Remaja (PMR) SMAN 1 Kendari berhasil menyabet juara 1 Ischiadicus Cup 1 pada Minggu 23 April kemarin. Event yang diselenggarakan TBM Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Halu Oleo (UHO) itu, diikuti sejumlah SMA sederajat di Kota Kendari.

Ketua Tim SMAN 1 Kendari, Andi Ahmad Ramos mengaku bangga dengan prestasi tersebut. Kata dia, prestasi itu tak hanya membuktikan hasil latihannya, tetapi juga membawakan nama baik sekolahnya.

“Kami juga tidak percaya dengan hasil yang diumumkan panitia. Sebab saya melihat kemampuan tim dari sekolah lain cukup bagus,” ujarnya, Minggu (23/4)

Dikatakannya, keterampilan PMR memang menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang dikembangkan di SMAN 1 Kendari. Latihan secara rutin dilakukan sekali seminggu dengan dilatih satu orang pembimbing.

“Kegiatan ini memang tujuannya sangat mulia, karena kita diajarkan untuk menolong orang lain saat dalam suatu kejadian, seperti kecelakaan,” katanya.

Dia berharap agar kegiatan seperti itu tetap dilaksnakan untuk pelajar Kota Kendari bahkan yang ada di Sultra. Di dalam Ischiadicus Cup ini, keterampilan dilatih, terutama bagaimana memberikan pertolongan pertama pada suatu insiden atau kecelakaan.

Sementara itu, sekretaris pelaksana kegiatan, Nani Indriani mengatakan, kemampuan para perserta terlihat terampil. Terbukti, teori yang mereka peroleh berhasil diaplikasikan dalam praktek.

“Kami setting satu insiden atau kecelakaan, kemudian melihat penanganan yang dilakukan peserta.

Bagaimana kekompakkan, di dalam lomba ini telah disetting suatu insiden. Setelah itu, kami melihat kemampuan para peserta bagaimana memberikan penanganan atau pertolongan pertama. Ada korban luka-luka, patah tulang, disitu dilihat cara menangani dengan cepat,” jelasnya.

Tambahnya, kegiatan Ischiadicus Cup 1 ini baru dilaksanakan tahun ini. Diharapkan ke depannya bukan saja diikuti oleh siswa/siswi atau pelajar SMA se-Kota Kendari tetapi lebih besar lagi.

“Insa Allah dari pengalaman tahun ini kita akan perbaiki sehingga ke depannya, mungkin kita akan libatkan SMA se-Sultra,” pungkasnya. (P12/nur)

To Top