Peluang Bagi Tamatan SMA/SMK di Sultra Kuliah di Cina – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Peluang Bagi Tamatan SMA/SMK di Sultra Kuliah di Cina

Sosislisasi NJPI di SMKN 1 Kendari. Foto: Sumardin/BKK

KENDARI, BKK –  Studi di luar negeri bagi calon lulusan Sekolah Menegah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK), kian terbuka. Bahkan salah satu perguruan tinggi di Cina, Nanjing Polytechnic Institute (NJPI) telah menawarkan peluang itu.

NJIP yang bergerak di bidang pertambangan itu, membuka peluang kepada siswa/siswi di Indonessia yang mempunyai kemauan keras untuk berkerja di bidang pertambangan. Tak terkecuali tamatan  SMA/SMK asal Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Banyak mahasiswa yang belajar di NJPI asal Indonesia, tetapi belum ada yang dari Sultra. Mulai sekarang, sebagian kuota mahasiswa kami akan rekrut dari lulusan SMK/SMA yang ada di sini (Sultra,red),” ujar Deputy Director NJPI, Cong Qian, saat menyambangi SMKN 1 Kendari, Kamis (20/4).

Lanjut  Cong Qian, untuk siswa/siswi asal Sultra, pihaknya menawarkan dua program. Program tersebut adalah lanjut studi dan model  pembinaan untuk mempelajari tata cara berkerja di perusahaan pertambangan dan langsung mendapatkan pekerjaan diperusahaan. Pihak NJIP sendiri, katanya, sudah bekerja sama dengan salah satu perusahaan di Morosi yaitu PT. Virtu Dragon.

“Setelah mereka belajar tiga tahun maka langsung direkrut di perusahaan itu (PT Virtu Dragon,red).

Makanya, kami juga hadirkan direktur utama dari perusahaan itu, yang kemudian melakukan kontrak langsung. Siapa pun yang ingin belajar, maka langsung ada kontrak, usai belajar tiga tahun langsung dipekerjakan. Tentu dengan penempati posisi sesuai dengan bidang yang dilatihkan,” ungkapnya.

Cong Qian menjelaskan, kuota yang disiapkan untuk calon alumni  SMK/SMA lanjut studi yakni 200 orang di seluruh Indonesia. Khusus Sultra, disiapkan kuota 70 orang untuk bimbingan pekerjaan.

“Untuk masuk di NJPI tidak mudah, kami juga melakukan seleksi untuk mendapatkan anak yang benar-benar mau bergabung bersama kami di NJPI. Siswa yang kami terima harus melalui rekomendasi kepala sekolah dan persetujuan dari orang tua siswa/siswi,” terangnya.

Kuliah di NJPI, tambahnya, tidak memerlukan biaya yang cukup tinggi dan siapkan fasilitas kelas internasional.

“Fasilitas  asrama yang disediakan juga sangat lengkap,” pungkasnya. (p12/nur)

To Top