Kejari Unaaha Berencana Ajukan Banding atas Putusan Bebas Aswad Sulaiman – Berita Kota Kendari
Beranda

Kejari Unaaha Berencana Ajukan Banding atas Putusan Bebas Aswad Sulaiman

KENDARI, BKK – Belum diterimanya salinan putusan vonis terdakwa kasus dugaan korupsi pembangunan Kantor Bupati Konawe Utara (Konut) pada 2010-2011 Aswad Sulaiman dari Pengadilan Tipikor (PT) Kelas IA Kendari, membulatkan tekad jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Unaaha, Anton B Silitonga, untuk melakukan banding.

Anton B Silitonga saat ditemui di Pengadilan Tipikor Kelas IA Kendari menjelaskan, Jumat (21/4), setelah waktu 14 hari yang diberikan majelis hakim untuk pikir-pikir terhadap hasil putusan, kini dirinya sudah mantap untuk banding.

“Kita akan banding atas vonis bebas terdakwa Aswad Sulaiman, karena alasan vonis bebasnya hingga kini kita belum bisa tahu,” terangnya.

Jika saja, lanjut dia, salinan putusan sidang atas vonis bebas Aswad diterima pihaknya lebih cepat maka kemungkinan akan banding belum tentu juga akan dilakukan, karena dalam salinan putusan tersebut tertera alasan-alasan serta pertimbangan majelis menjatuhkan vonis bebas.

“Ada kemungkinan, karena bisa jadi setelah kita pelajari salinannya memang rasional. Karena itu tidak terjadi, maka kita telah sepakat untuk banding,” jelasnya.

Anton B Silitonga menambahkan, untuk surat bandingnya sudah dimasukan di Pengadilan Tipikor Kelas IA Kendari dengan nomor :02/Akta.Pid.Sus-TPK/2017/PN. Kdi.

“Surat ini kita masukan pada 18 April 2017 lalu, untuk ditindaklanjuti sebagaimana mestinya,” tandasnya.

Diketahui, Aswad Sulaiman dijatuhkan vonis bebas oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Kendari, dalam sidang putusan yang digelar 7 April 2017.

Dalam amar putusannya, majelis hakim menyebutkan, terdakwa tidak terbukti melawan hukum dengan tujuan memperkaya diri sendiri serta orang lain maupun korporasi. (cr5/iis)

To Top