26 April MK Putuskan Sengketa Pilkada Bombana – Berita Kota Kendari
Beranda

26 April MK Putuskan Sengketa Pilkada Bombana

Marwan Dermawan (kanan)

KENDARI, BKK – Mahkamah Konstitusi (MK) menjadwalkan sidang putusan sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bombana pada Rabu (26/4) mendatang.

Anggota tim kuasa hukum paslon nomor urut 2, Tafdil-Johan Salim (Bertahan), Marwan Dermawan SH meyakini MK akan menolak permohonan pemohon yang ada dalam materi gugatannya, mengenai pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU).

Pasalnya, kata dia, rekomendasi yang dikeluarkan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Bombana untuk dilakukan PSU tidak berkekuatan hukum.

“MK itu adalah sebuah lembaga negara penguji undang-undang. Bagaimana mungkin penguji undang-undang tidak memahami bahwa tindakan Panwas Bombana yang telah mengeluarkan rekomendasi PSU itu salah, karena tidak mempunyai kekuatan hukum?” kejarnya, Jumat (21/4).

Menurut dia, rekomendasi yang dikeluarkan Panwas Bombana agar dilakukan PSU itu menggunakan undang-undang yang sudah tidak terdaftar lagi alias sudah kedaluwarsa.

Keyakinan lainnya, tambah dia, dalam persidangan sebelumnya pada 13 Maret lalu dengan agenda mendengarkan keterangan ahli yang dihadirkan pihak pemohon, yaitu Manruarar Siahaan, yang juga merupakan mantan hakim MK, tidak ada korelasinya dengan materi gugatan sengketa Pilkada Bombana yang diajukan pihak pemohon.

“Karena, dalam kesaksiannya sebagai ahli dia (Manruarar Siahaan, red) menjelaskan mengenai perkembangan daerah di Bombana sejak 50 tahun lalu, bukan mengenai materi gugatan yang ada dalam gugatan pemohon. Sementara, 50 tahun yang lalu itu Bombana sama sekali belum menjadi sebuah kabupaten,” jelasnya.

Di sisi lain, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bombana Arisman mengatakan, apapun keputusan MK akan dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada.

“KPU sebagai penyelenggara terima dan menaati apapun keputusan yang dikeluarkan MK nantinya, apakah PSU atau tidak. Jika tidak, maka selesai sudah dan KPU Bombana akan menetapkan paslon pemenang pilkada,” pungkasnya. (m2/iis)

To Top