Nasib Pasar Swasta Eks Pasar Panjang Tunggu Perintah Asrun – Berita Kota Kendari
Beranda

Nasib Pasar Swasta Eks Pasar Panjang Tunggu Perintah Asrun

KENDARI, BKK – Nasib pasar swasta yang berdiri di lokasi bekas Pasar Panjang masih menunggu keputusan Wali Kota Kendari Asrun.

Demikian diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kota Kendari Amir Hasan, Kamis (20/4).

Amir Hasan membocorkan, ada kemungkinan pedagang swasta di eks Pasar Panjang disatukan dengan pedagang di Pasar Sentral Wuawua.

“Asal dibicarakan baik-baik. Kita akan mencari solusi terbaik agar kedua pedagang ini dapat menyatu di satu tempat, dengan harapan pengunjung di Pasar Wuawua bisa meningkat,” katanya.

Apalagi, lanjut dia, pedagang yang berdagang di pasar swasta itu semuanya merupakan warga kota, yang 80 persen berasal dari Pasar Baru (sekarang: Pasar Sentral Wuawua) yang menjadi korban saat terbakar tempo lalu.

“Jika ada perintah dari Wali Kota untuk melakukan penggusuran terhadap pasar swasta itu, maka saat itu juga saya akan tunaikan perintah itu tanpa pengecualian. Sebab kami juga berfungsi sebagai penegak peraturan daerah (perda), sehingga jika ada permasalahan yang melanggar aturan maka kami berkewajiban untuk menertibkannya,” tegasnya.

Akan tetapi, kata dia, penertiban itu tidak dilakukan serta merta, melainkan ada tahapan-tahapannya.

Tahapan itu adalah menyurati, sosialisasi yang dilakukan berkali-kali, jika itu tidak diindahkan maka tindakan tegas diambil.

“Saya khawatir, jika pasar swasta ini dibiarkan atau tidak ditindaki dengan tegas, maka pedagang eks Pasar Panjang yang sekarang mengisi Pasar Wuawua akan kembali berdagang di Pasar Panjang,” ucapnya. (cr6/iis)

To Top