Suksesi

Wa Ode Hamsinah Bolu: Sudah Banyak Parpol yang ‘Melamar’

Hamsinah Bolu

KENDARI, BKK – Langkah sejumlah anggota DPD-RI bergabung ke partai politik tak membuat Wa Ode Hamsinah Bolu, ingin ikut-ikutan. Senator dari Sulawesi Tenggara ini menyatakan masih memilih independen sebagai utusan daerah untuk memperjuangkan daerahnya di parlemen.    \

“Sudah banyak partai politik yang datang membujuk masuk ke partai politik. Tapi saya menolak secara halus,” kata Hamsinah dalam bincang-bincang bersama aktivis dan wartawan, di Kopi Kita, Kendari, belum lama ini.

Hamsinah mengatakan, anggota DPD-RI memang banyak diincar oleh partai politik karena memiliki basis massa yang cukup besar. Ada yang akhirnya ikut, namun ada juga yang tetap bertahan.

Menurut perempuan yang mendalami sains bidang biomolekuler ini, menyuarakan kepentingan daerah di pusat lebih nyaman dilakukan secara independen.

“Anggota DPD sebenarnya lebih pada membangun komunikasi antara daerahnya dengan  kementerian. Memperluas jaringan. Tapi saya rasa dengan independen, kita lebih bisa leluasa,” katanya.

Perempuan dari Wakatobi ini tercatat sebagai anggota Komite II DPD RI, yang bermitra dengan kementerian teknis. Saat ini, Hamsinah tengah memegang jabatan sebagai Ketua Tim Kerja RUU Energi Baru dan Terbarukan. Selain itu, dia juga ikut terlibat dalam penyelesaian RUU Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Kebakaran Hutan.

“Masih sementara dirampungkan RUU-nya,” ujarnya. (aha)

To Top