Tak Loyal dengan Partai, Dua Anggota DPRD Kendari Segera Dipecat – Berita Kota Kendari
Suksesi

Tak Loyal dengan Partai, Dua Anggota DPRD Kendari Segera Dipecat

Kus Gladi Surya

KENDARI, BKK – Dua Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari Steve Ousten Rere dan Aladin segera mendapat sanksi pemecatan. Pergantian Antar Waktu (PAW) tengah diproses Partai Amanat Nasional (PAN) selaku pengusung dua wakil rakyat ini.

Proses PAW tersebut dilakukan berdasarkan rekomendasi Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sulawesi Tenggara (Sultra). Keduanya dianggap tidak menjalankan tanggung jawabnya dengan baik sebagai anggota DPRD, serta tidak loyal dengan partainya.

Berdasarkan hasil evaluasi tim internal PAN, Steve Ousten Rere dan Aladin dinilai malas berkantor dan tanggung jawabnya sebagai wakil rakyat tidak dijalankan dengan baik. Keduanya pun  tidak mendukung pasangan calon (Paslon) yang diusung partainya itu saat Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwali) Kendari baru-baru ini.

“Surat rekomendasinya sudah sampai di DPP dan saat ini pihak DPP masih sementara mengurus surat tersebut untuk kemudian mengeluarkan rekomendasi agar dilakukan PAW,” ungkap Wakil Ketua DPW PAN Sultra, Kus Gladi Surya   saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon genggamnya, Senin (17/4).

Dikatakannya, rekomendasi DPP PAN untuk pelaksanaan PAW tersebut mengalami keterlambatan karena Sekretaris DPP PAN, Yandri Susanto baru pulang dari luar negeri. Namun, ia memastikan rekomendasi tersebut akan keluar pekan ini.

Dijelaskannya, sebelumnya ada tiga nama yang direkomendasikan untuk dilakukan PAW yaitu Steve Ousten Rere, Aladin dan Sitti Nurhan. Tetapi, sambungnya, dari hasil evaluasi tim sembilan yang terdiri dari delapan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan satu dari pengurus DPP PAN, Sitti Nurhan dianggap tidak terbukti bersalah.

Diungkapkan Kus, setelah dilakukan PAW nantinya, dua anggota DPRD ini akan digantikan oleh peraih suara terbanyak kedua saat Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 lalu.

“Untuk penggantinya Steve Osten Rere itu Sukarni Ali Madya dan penggantinya Aladin adalah  Hj Nini Rianti,” pungkasnya.

Untuk diketahui, saat pileg lalu daerah pemilihan (Dapil) Ousten Rere adalah Dapil1 yang meliputi Kecamatan Kendari dan Kendari Barat. Sedangkan Aladin berasal dari Dapil 4 meliputi Kecamatan Wua-wua dan Kadia. (m2/nur)

To Top