Miris, Serapan Anggaran SKPD di Busel Baru 8 Persen – Berita Kota Kendari
Aktualita

Miris, Serapan Anggaran SKPD di Busel Baru 8 Persen

Pj Bupati Busel Dr Ir H OMN Illah Ladamay memberikan pengarahan kepada jajaran pejabat Pemkab Busel

BATAUGA, BKK – Kinerja Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) di Kabupaten Buton Selatan (Busel) dinilai terlalu rendah. Mereka belum maksimal menyerap anggaran sehingga dapat memperlambat pembangunan daerah.

Tercatat, hingga Senin (17/4), serapan anggaran seluruh SKPD pada sumester I ini  baru mencapai 8 persen. Sementara untuk mencapai 100%, waktu yang diberikan tinggal dua bulan.

Menanggapi persoalan tersebut, Pj Bupati Busel, Dr Ir H OMN Illah Ladamay mengaku prihatin dengan persoalan ini. Kata dia, rendahnya serapan anggaran itu dikarenakan banyaknya SKPD yang tidak menjalankan programnya.

“Kalau saya menilai, SKPD saat ini belum mempunyai keberanian ataupun kemampuan untuk mengeksekusi anggarannya. Walaupun perencanaannya telah kita anggap baik,” bebernya

Dijelaskan, apabila kinerja perangkat daerah ini belum juga maksimal hingga akhir sumester ini, maka persoalan tersebut akan mengancam keuangan daerah Kabupaten Busel. Hal ini sesuai peraturan Mentri Keuangan Nomor 50 tahun 2017.

“Dalam PMK nomor 50 itu, menjelaskan anggaran sumester I tidak akan bisa dialihkan ke sumester II, jadi sudah pasti akan terjadi pemotongan DAU (dana alokasi Umum) oleh pemerintah pusat terhadap anggaran sumester II nantinya,” jelasnya

Olehnya itu pihaknya akan mendesak dan mengevaluasi kinerja tiap SKPD agar lebih mengoptimalkan serapan agarannya sehingga tidak adanya silpa dalam sumester I ini. (p14/lex)

To Top